Ta'liim An-Nahwi 'Abra Google Meet Fii Ma'had Khadim Al-Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh (Dirasah Washfiyah Tahliliyah)

Raihan Firda, 170202116 (2021) Ta'liim An-Nahwi 'Abra Google Meet Fii Ma'had Khadim Al-Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh (Dirasah Washfiyah Tahliliyah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Raihan Firda, 170202116, FTK, PBA, 085212505503.pdf]
Preview
Text
Raihan Firda, 170202116, FTK, PBA, 085212505503.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa penggunaan Google Meet merupakan sesuatu yang baru dalam kegiatan proses belajar mengajar, dan menimbulkan kendala bagi guru dan siswa dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran ilmu nahwu melalui Google Meet di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. 2) Permasalahan guru dan siswa dalam proses pembelajaran ilmu nahwu melalui Google Meet di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis. Adapun sampel dari penelitian ini adalah kelas akhwat 56 siswi. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran ilmu nahwu di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh guru menggunakan metode langsung, metode ceramah, metode membaca, tanya jawab dan metode al-qiyasiyah yaitu metode pembelajaran nahwu dengan menjelaskan kaidah kemudian contoh. Dan guru juga menggunakan media Power Point untuk materi i’rab, Microsoft Word sebagai media papan tulis, Google untuk mencari gambar bagi mufradat yang sulit dipahami, dan buku Pdf silsilah bahasa Arab sebagai sumber materi ilmu nahwu. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam mengajar ilmu nahwu melalui Google Meet yaitu: 1) Jaringan internet 2) Sulit mengawasi siswa 3) Siswa yang pasif 4) Evaluasi pembelajaran. Dan kendala yang dihadapi siswa dalam belajar ilmu nahwu melalui Google Meet adalah: 1) Jaringan Internet 2) Kuota Internet 3) Kurang fokus 4) Kurang semangat 5) Sulit memahami materi 6) Terlalu banyak siswa di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Nahwu, Google Meet.
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raihan Firda Raihan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:40
Last Modified: 03 Dec 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item
View Item