Pengaruh Penangguhan Upah Terhadap Jasa Penanaman Padi Menurut Konsep Ujrah (Studi di Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar)

Nurul huda, 170602222 (2021) Pengaruh Penangguhan Upah Terhadap Jasa Penanaman Padi Menurut Konsep Ujrah (Studi di Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penangguhan Upah Terhadap Jasa Penanaman Padi Menurut Konsep Ujrah (Studi di Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Pengaruh Penangguhan Upah Terhadap Jasa Penanaman Padi Menurut Konsep Ujrah (Studi di Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar))
Nurul Huda, 170602222, FEBI, ES, 085361865462.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk hukum mu’malah yang sering terjadi adalah kerjasama antara manusia disatu pihak sebagai penyedia jasa manfaat atau tenaga yang lazim disebut sebagai buruh atau pekerja dengan orang lain yang menyediakan pekerjaan. Upah adalah imbalan prestasi yang wajib dibayar majikan kepada orang yang dipekerjakan. Pekerja diharuskan dapat memenuhi prestasi yaitu dengan melakukan perintah majikan, maka majikan sebagai pemberi kerja harus memenuhi prestasinya, yaitu berupa membayar upah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penangguhan upah terhadap jasa penanaman padi dan pandangan Islam dalam konsep ujrah mengenai penangguhan upah terhadap jasa penanaman padi di kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian metode mix yakni memadukan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Adapun jenis data pada penelitian ini adalah data primer dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian penangguhan upah berdampak negatif dan signifikan terhadap jasa penanaman padi. Hal ini dapat di lihat dari nilai koefisien regresi yang bernilai negatif dan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dengan nilai sig.<0,05. Pandangan islam tentang pengaruh penangguhan upah terhadap jasa penanaman padi menurut konsep ujrah di kecamatan Darul Kamal kabupaten Aceh Besar belum sesuai dengan prinsip islam karena pembayaran upah masih terjadi penangguhan terhadap petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Huda Nurul
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:02
Last Modified: 03 Dec 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item
View Item