Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Maladjusment Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Amna Fajrianti, 160213044 (2021) Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Maladjusment Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi  Perilaku Maladjusment Siswa Di SMA Negeri 11 Banda  Aceh]
Preview
Text (Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Maladjusment Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
Amna Fajrianti, 160213044, FTK, BK, 085215613695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku Maladjustment yakni keadaan individu yang tidak dapat menyesuaikan diri secara memadai terhadap lingkungan sosial. Pada dasarnya maladajusment terjadi pada semua individu. Perilaku maladjustment adalah perilaku individu yang tidak dapat melakukan penyesuaian diri sehingga tidak dapat berinteraksi dengan baik dan menimbulkan masalah. Perilaku maladjustment yang dialami oleh siswa masih sulit untuk diubah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah teknik role playing dapat mengatasi perilaku maladjustement siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri 11 Banda Aceh dengan perilaku maladjustement tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan pengkategorian siswa yang memiliki tingkat perilaku maladjustement rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test-Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan teknik role playing memiliki signifikan terhadap perilaku maladjustement siswa, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest 831 menjadi posttest 1246. Artinya terjadi perubahan pada perilaku maladjustement siswa setelah memperoleh bimbingan kelompok melalui teknik role playing. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan Bimbingan Kelompok melalui teknik role playing dapat mengurangi perilaku maladjustement pada siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Chairan M. Nur, M. Ag Pembimbing II : Evi Zuhara, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Perilaku Maladjusment
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Amna Fajrianti
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:12
Last Modified: 03 Dec 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18977

Actions (login required)

View Item
View Item