Keanekaragaman Fitoplankton Pada Tempat Perindukan Larva Aedes Spp. Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Entomologi

Restu Fitria, 160207068 (2021) Keanekaragaman Fitoplankton Pada Tempat Perindukan Larva Aedes Spp. Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Fitoplankton Pada Tempat Perindukan Larva Aedes Spp. Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Entomologi]
Preview
Text (Keanekaragaman Fitoplankton Pada Tempat Perindukan Larva Aedes Spp. Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Entomologi)
Restu Fitria, 160207068, FTK, PBL, 082280301098.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Selama ini belum ada praktikum lapangan tentang keterkaitan antara habitat dan fitoplankton yang terdapat pada tempat perindukan larva Aedes spp. karena tidak terdapat dalam petunjuk modul praktikum entomologi. sehingga kurangnya informasi dan pengetahuan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman fitoplankton yang terdapat pada tempat perindukan larva Aedesspp yang dapat dimanfaatkan sebagai modul praktikum. Untuk mendeskripsikan family fitoplankton yang terdapat pada tempat perindukan larva Aedes spp. untuk mengetahui kelayakan modul praktikum matakuliah entomologi dari hasil penelitian keanekaragaman fitoplankton pada tempat perindukan larva Aedes spp. untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap modul praktium entomologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey eksploratif penentuan lokasi pengambilan objek penelitian dilakukan secara purposive sampling, yaitu penentuan titik dipilih sesuai dengan karakteristiknya yang terdiri dari kondisi lingkungan perkarangan rumah warga. Pengambilan sampel fitoplankton pada tempat perindukan menggunakan metode percidukan (langsung). Hasil penelitian diketahui bahwa fitoplankton pada tempat perindukan larva Aedes spp. terdapat
50 individu, yang tergolong dalam 8 famili. Keanekaragaman fitoplankton pada tempat perindukan larva aedes spp. di perkarangan rumah warga dusun lamnyong sedang, yaitu dengan indeks keanekaragaman 1,609. Hasil uji kelayakan dari validator memperoleh nilai 77,25% degan kategori layak. Rspon mahasiswa terhadap modul praktikum entomologi memperoleh persentasi 90% degan kategori sangat layak. Hasil penelitian ini diaplikasikan dalam bentuk modul praktikum entomologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Restu Fitria Restu
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:15
Last Modified: 03 Dec 2021 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18978

Actions (login required)

View Item
View Item