Upaya Tuha Peut dalam Penyampaian Pesan-Pesan Dakwah Melalui Reusam Gampong Kulam Baro, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten PIDIE

Muhammad Furqan MD, 170403015 (2021) Upaya Tuha Peut dalam Penyampaian Pesan-Pesan Dakwah Melalui Reusam Gampong Kulam Baro, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten PIDIE. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Tuha Peut dalam Penyampaian Pesan-Pesan Dakwah Melalui Reusam Gampong Kulam Baro, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten PIDIE]
Preview
Text (Upaya Tuha Peut dalam Penyampaian Pesan-Pesan Dakwah Melalui Reusam Gampong Kulam Baro, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten PIDIE)
Muhammad Furqan MD, 170403015, FDK, MD, 085261672760.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tuha Peut adalah suatu badan kelengkapan gampong yang terdiri dari unsur pemerintahan, unsur agama, unsur pimpinan adat, unsur cerdik pandai yang berada di gampong. Di Gampong Kulam Baro masih terdapat masalah yang di lakukan oleh masyarakat dalam kesadaran kepatuhan dengan adat istiadat gampong, tidak mau mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dalam gampong, dan masih ada masyarakat yang melakukan penyimpangan-penyimpangan. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya Tuha Peut dalam memberikan bimbingan reusam serta adat kepada masyarakat dan apa peluang dan tantangan Tuha Peut dalam meyampaikan pesan-pesan dakwah melalui reusam di Gampong Kulam Baro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan serta fungsi Tuha Peut, upaya Tuha Peut dalam memberikan arahan serta nasihat kepada masyarakat dan untuk mengetahui tantangan Tuha Peut dalam mengupayakan penyampaian pesan dakwah melalui reusam di Gampong Kulam Baro. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah Keuchik, Tuha Peut, Tokoh Adat dan masyarakat. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya Tuha Peut dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui reusam yaitu dengan memberikan arahan serta nasihat kepada masyarakat guna masyarkat mengetahui dan tidak salah paham atas penerapan reusam yang ada di Gampong Kulam Baro, biasanya diadakan musyawarah bersama aparatur gampong dan dengan masyarakat untuk membahas bagaimana pembangunan gampong dan lain sebagainya. Biasanya dalam memberikan nasihat dan masukan Tuha Peut mendatangi rumah masyarakat langsung sambil bersilahturahmi atau Tuha Peut mengadakan rapat dengan masyarakat terkait dengan penerapan reusam. Peluang yang didapat oleh Tuha Peut dalam mengupayakan penyampaian pesan-pesan dakwah ialah masyarakat yang ramah dan mau mendengarkan apa yang disampaikan oleh Tuha Peut sebagai penunjang terlaksananya penerapan reusam di Gampong Kulam Baro. Tantangan dalam melakukan dakwah adalah terkadang masyarakat mempunyai kepentingan pekerjaan sehingga meninggalkan kegiatan rutin, masyarakat belum menyesuaikan diri terhadap lingkungan, masih menggunakan adat atau kebiasaan dalam melakukan tradisi keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Furqan
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:42
Last Modified: 08 Dec 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item
View Item