Aktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Di Kota Lhokseumawe

Rusnawati, 29173656 (2021) Aktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Di Kota Lhokseumawe. Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Aktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Di Kota Lhokseumawe]
Preview
Text (Aktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Di Kota Lhokseumawe)
Rusnawati, 29173656, PPS, PAI, 085261759253.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan seperangkat rencana mengenai tujuan, bahan pelajaran dan metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran PAIuntuk mencapai tujuan. Berdasarkan fenomena di Sekolah Menengah Atas, masih ada ditemukan guru yang kurang dapat mengaktualkan kurikulumnya dalam hal menggunakan metode dan alat pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan dari setiap aspek materi PAI. Seharusnya sebelum guru melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru merancang perencanaan, melakukan berbagai persiapan, agar ketika pelaksanaan pembelajaran PAI siswa memilikiberbagai kemampuan sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan di dalam kurikulum PAI. Karena sebagaimana diketahui bahan materi PAI terdiri dari empat aspek, yaitu aspek yang berkaitan dengan Aqidah Akhlak, Al-Qur’an, Fiqh dan Sejarah Kebudayaan Islam. Agar Materi-materi tersebut dapat dipahami siswa dengan baik, maka guru mengaktualisasikan kurikulumnya dengan menggunakan metode dan alat-alat yang menarik dan mampu mengantarkan siswa ke arah tujuan yang telah dirumuskan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum PAI, untuk menemukan model pelaksanaan kurikulum PAI dan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan kurikulum PAI Sekolah Menengah Atas di Kota Lhokseumawe.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, deskriptif analistik. Adapun yang menjadi lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah di SMANegeri 1, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 7 Kota Lhokseumawe. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru PAI. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi (pengumpulan data), dispay (menyajikan data) dan verifikasi (menyimpulkan data).
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pengembangan kurikulum PAI Sekolah Menengah Atas di Kota Lhokseumawe dipersiapkan dengan baikoleh guru PAI. Hal ini dapat diketahui dari adanya program tahunan, program semester, silabus dan RPP yang terdapat dalam perangkat pembelajaran guru. Dalam pengembangan RPPguru memperhatikan tujuan pembelajaran, menyesuaikan denganmateri, peserta didik, kearifan lokal dan alokasi waktu. Model pelaksanaan kurikulum PAI yang digunakan di SMA Negeri Lhokseumawe adalah menggunakan pendekatan materi, metode dan alat yang terdapat di lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru PAI SMA di Kota Lhokseumawe menggunakan berbagai macam ragam metode. Pada aspek Akidah Akhlak, guru menggunakan pendekatan saintifik, metode wisata religi, metode tugas, tanya jawab dan diskusi.Aspek Al-Qur’an guru menggunakan metode hafalan, tahfidz, diskusi, poster coment, kaligrafi. Pada aspek Fiqh, guru menggunakan market place, role playing, sosio drama, simulasi, demonstrasi dan praktik. Adapun pada aspek SKI, guru menggunakan metode ceramah, kisah, tanya jawab, diskusi dan metode wisata religi. Selain menggunakan berbagai macam metode, guru juga menggunakan media dalam pembelajaran seperti Al-Qur’an digital, gambar, dan vidio. Pelaksanaan kurikulum PAI bukan hanya dilakukan guru di dalam kelas, tapi juga di luar kelas, baik di halaman sekolah, maupun di tempat-tempat lain seperti di mesjid dan mesium. Evaluasi pelaksanaan kurikulum PAI Sekolah Menengah Atas di Kota Lhokseumawe dilakukan oleh kepala sekolah, yang dilakukan secara komprehensif, memperhatikan semua aspek yaitu dari perencanaan, penerapan dan penyempurnaan dengan pendekatan evaluasi pembelajaran PAI. Evaluasi pembelajaran PAI yang dilakukan guru dalam bentuk penilaian spiritual dan sikap dengan cara observasi, penilaian pengetahuan dengan cara soal tes dan penilaian keterampilan dengan cara observasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor I : Prof. Dr. Warul Walidin, AK, MA Promotor II : Dr. Syabuddin Gade, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rusnawati Rusna
Date Deposited: 06 Dec 2021 09:29
Last Modified: 06 Dec 2021 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item
View Item