Ragam Ungkapan Damai dalam Al-Qur'an: Kajian Lafaz Muradif dan Musytarak Fi Ulumil Al-Qur'an

Miss. Kholeefah Jukeng, 341303441 (2016) Ragam Ungkapan Damai dalam Al-Qur'an: Kajian Lafaz Muradif dan Musytarak Fi Ulumil Al-Qur'an. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang kata damai dalam Al-Qurān disebut dengan beragam ungkapan)
Miss. Kholeefah Jukeng.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata damai dalam Al-Qurān disebut dengan beragam ungkapan dengan gaya bahasa dan redaksi yang berbeda sesuai dengan konteknya. Namun dalam ungkapan tersebut mengandung dampak yang berbeda. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana ragam ungkapan damai dalam Al-Qurān, bagaimana perbedaan pengertian ungkapan-ungkapan damai dalam Al-Qurān dan hikmatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu mencari informasi melalui literatur kepustakaan terhadap buku-buku yang berkaitan, baik primer maupun yang sekunder. Sumber data primer adalah dari ayat-ayat Al-Qurān dan sumber data sekunder adalah dari kitab tafsir yang berhubungan tentang masalah yang dibahas. Oleh karena objek kajian ini berupa ayat-ayat Al-Qurān yang tersebar dalam beberapa surat dan terfokus pada sebuah tema, maka penelitian ini menggunakan metode maudui’ tetang kajian Lafaẓ Muradif dan Musytarak degan pendekatan ulum Al-Qurān. Dalam kajian ini, ayat-ayat Al-Qurān yang mempunyai maksud yang sama, dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah, dihimpun kemudian diberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian ini ditemukan 6 macam ungkapan dalam penyebutan kata damai yaitu Amān, Janaḥū, Dhimmah, Salām, Ṣulḥu dan Hudnah. Meskipun ada ungkapan yang tidak menunjukkan kata damai secara langsung, namun memiliki makna kedekatannya dengan damai. Hikmat kemukjizatan lafaẓ dalam Al-Qurān terletak pada susunan kalimatnya yang sangat indah dan aktraktif, serta pemilihan bahasanya yang bagus, karena nilai sastra yang terkandung dalam Al-Qurān itu sangat tinggi dan tidak ada bandingannya, sangat rinci dan sempurna, melebihi undang-undang buatan manusia, mengandung ilmu-ilmu pengetahuan, memenuhi segala kebutuhan manusia, berpengaruh bagi hati pengikutnya dan orang-orang yang memusuhinya sehingga dapat memuaskan akal dan menyenangkan perasaan dan pikiran secara sama dan berimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Abdul Wahid, M.Ag; NIP. 19720929200031001; 2. Zainuddin, M.Ag; NIP. 196712161998031001
Uncontrolled Keywords: Ungkapan Damai, Al-Qur'an, Lafaz Muradif
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:12
Last Modified: 03 Aug 2017 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item
TOP