Urgensi Bimbingan Karir di Perguruan Tinggi untuk Membantu Kesiapan Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja (Studi Kasus pada Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).

Vira Vahira, 160402001 (2021) Urgensi Bimbingan Karir di Perguruan Tinggi untuk Membantu Kesiapan Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja (Studi Kasus pada Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Karir]
Preview
Text (Urgensi Bimbingan Karir)
Vira Vahira, 160402001, FDK, BKI, 082277566234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Bimbingan karir merupakan layanan bantuan yang bertujuan untuk membantu individu dalam menentukan pemilihan karir kedepannya. Individu yang dimaksud disini yaitu siswa ataupun mahasiswa, bimbingan karir sangat diperlukan di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Fase mahasiswa yang rentan terhadap permasalahan pemilihan karir ada ketika menyelesaikan tugas akhir, dalam fase itu juga mahasiswa sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penting atau tidak adanya layanan bimbingan karir di perguruan tinggi serta permasalahan-permasalahan yang dialamai mahasiswa akhir dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode diskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa/i akhir Prodi Bimbingan Konseling Islam. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiwa mengalami berbagai permaslahan dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, seperti stress, tidak tau pekerjaan apa yang akan dipilih nantinya, kurangnya lowongan pekerjaan yan sesuai dengan latar belakang pendidikan yang tersedia. Hal ini tentunya akan menjadi beban bagi mahasiswa, untuk mengatasi hal tersebut kita membutuhkan layanan bimbingan karir di perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah mahasiswa dalam pemilihan karir kedepannya yang sesuai dengan bakat dan minat serta latar belakang pendidikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Depositing User: Vira Vahira Vira
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:29
Last Modified: 08 Dec 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item
View Item