Kekuatan Partai Aceh (Pemenangan H. Ramli MS pada Pilkada Aceh Barat Tahun 2017)

Nella Rosa Iskandar, 170801021 (2021) Kekuatan Partai Aceh (Pemenangan H. Ramli MS pada Pilkada Aceh Barat Tahun 2017). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kekuatan Partai Aceh (Pemenangan H. Ramli MS pada Pilkada Aceh Barat Tahun 2017)]
Preview
Text (Kekuatan Partai Aceh (Pemenangan H. Ramli MS pada Pilkada Aceh Barat Tahun 2017))
Nella Rosa Iskandar, 170801021, FISIP, IPOL, 082245989710.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pilkada serentak di Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan pada tahun 2017 yang diikuti oleh 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Pasangan H.Ramli MS dan Drs. H.Banta Puteh Syam, SH.MM yang diusung oleh Partai Aceh berhasil memenangkan Pilkada, sedangkan menurut hasil survey yang dilakukan oleh Aceh Branding Institute (ABI) H.T Alaidinsyah yang merupakan kandidat Incumbent dan diusung oleh delapan Partai Nasional lebih berpotensi untuk menang pada pilkada 2017 di Kabupaten Aceh Barat. Hasil rekapitulasi data pasangan H.Ramli MS dan H.Banta Puteh Syam, SH.MM unggul dengan perolehan suara sebanyak 52.538 suara. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kekuatan politik yang dilakukan oleh Partai Aceh dalam memenangkan H.Ramli MS dan pada Pilkada Kabupaten Aceh Barat dan untuk mengetahui kekuatan politik yang dilakukan oleh Partai Aceh lebih efektif mempengaruhi pemilih di Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kekuatan politik yang dilakukan oleh Partai Aceh dalam Pilkada 2017 di Kabupaten Aceh Barat, diantaranya visi dan misi dan program-program kerja yang jelas, kampanye secara langsung ke masyarakat perdesaan, mengimplementasikan MoU Helsinki, menghadirkan tokoh berpengaruh,serta mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam berkampanye. Selanjutnya kekuatan politik yang dilakukan Partai Aceh lebih efektif mempengaruhi pemilih di Kabupaten Aceh Barat, hal ini mencakup beberapa faktor pendukung diantaranya pemberdayaan ekonomi seperti pemberian modal usaha kepada masyarakat, penyediaan lapangan kerja seperti guru-guru pesantren akan dibantu untuk mengajar. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan politik Partai Aceh efektif mempengaruhi pemilih sehingga berhasil memenangkan Pilkada 2017 di Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ernita Dewi, S.Ag, M.Hum Pembimbing II : Ramzi Murziqin, MA
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Politik, Pilkada, Incumbent
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Nella Rosa Iskandar
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:08
Last Modified: 09 Dec 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item
View Item