Penerapan Akad Wakālah dalam Pembiayaan Murābaḥah pada Perbankan Syariah (Analisis Komparatif antara Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Mandiri

Badrul Akmal, 29173496 (2021) Penerapan Akad Wakālah dalam Pembiayaan Murābaḥah pada Perbankan Syariah (Analisis Komparatif antara Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad  Wakālah  Dalam  Pembiayaan Murābaḥah]
Preview
Text (Akad Wakālah Dalam Pembiayaan Murābaḥah)
Badrul Akmal, 29173496, PS, ES, 085362342410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik pembiayaan di perbankan syariah dewasa ini memunculkan pola baru yang berbeda dengan praktik muamalah klasik, di antara produk pembiayaan Bank Syariah cukup diminati ialah pembiayaan murābaḥah yang disertai akad wakālah. Bank mewakilkan nasabah untuk membeli barang ke pemasok sebelum dilakukan proses akad jual beli secara murābaḥah. Dalam prosesnya tidak sedikit praktik menyimpang di dalam penerapan akad wakālah pada pembiayaan murābaḥah pada perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan di dua bank yaitu Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana penerapan akad wakālah dalam pembiayaan murābaḥah pada Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Mandiri dan implikasinya terhadap para pihak, bagaimana penerapan akad wakālah dalam pembiayaan murābaḥah tersebut dilihat dari prinsip-prinsip syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini ialah metode deskriptif-eksploratif. Hasil penelitian ini, bahwa penerapan akad wakālah untuk pembiayaan murābaḥah dilakukan dengan dua skema, yaitu akad wakālah dan akad murābaḥah dilaksanakan dengan mekanisme akad murābaḥah dilakukan sesaat setelah nasabah memberikan barang kepada pihak bank, dan ada juga akad wakālah dan akad murābaḥah dilakukan secara bersamaan. Implikasi kepada para pihak adalah bank secara prinsip tidak memiliki barang, karena nasabah membeli barang dari uang yang ditransfer bank ke pemasok secara langsung. Penerapan akad wakālah untuk pembiayaan murābaḥah di Bank Aceh Syariah dan Bank Mandiri Syariah cenderung belum sesuai dengan prinsip- prinsip syariah. Pola dan mekanisme penerapan di dalam dua akad tersebut memunculkan ketidakpastian pada akad jual beli, serta ada peluang munculkan praktik riba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Badrul Akmal Akmal
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:55
Last Modified: 10 Dec 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item
View Item