Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Madrasah Diniyaah Daarut Tahfiidz Al- Ikhlas

Elvi Khairiah, 170201082 (2021) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Madrasah Diniyaah Daarut Tahfiidz Al- Ikhlas. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Talaqqi]
Preview
Text (Metode Talaqqi)
Elvi Khairiah, 170201082, FTK, PAI, 082213327547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam proses menghafal, setiap orang mempunyai metode dan cara yang berbeda-beda. Metode Talaqqi sangat penting dalam mencapai keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Sebab, berhasil dan tidak nya suatu tujuan di tentukan oleh metode, yang merupakan bagian integral dalam sistem pembelajaran. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kualitas menghafal adalah metode Talaqqi, yang di maksud dengan metode Talqqi adalah menyetorkan atau memperdengarkan hafalan yang baru di hafal kepada Guru atau Ustadzah. Adapun proses Talaqqi ini dilakukan untuk mengetahui hasil hafalan seorang calon Hafidz dan mendapatkan bimbingan seperlunya. Pelaksanaan metode Talaqqi memiliki dampak terhadap kualitas hafalan santri. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh ustadz/zah untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Di mana metode Talaqqi mempunyai ciri yaitu bertemu langsung dengan ustadz/zah dalam mempelajari dan menghafal. Sedangkan keberadaan ustadz/zah dalam menghafalkan Al- Qur’an sangat berperan penting sehingga menghantarkan santri sampai pada hafalan yang benar. Yang mana pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penerapan metode Talaqqi Mahad Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskritif, untuk mendapatkan informasi dari perwakilan ketua yayasan, ustadz/zah dan dari para santri dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elvi Khairiah Elvi
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:05
Last Modified: 10 Dec 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19024

Actions (login required)

View Item
View Item