Analisis Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Secara Produktif dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus Pada LAZ DT Peduli Aceh)

Muzakir, 140602037 (2020) Analisis Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Secara Produktif dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus Pada LAZ DT Peduli Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan  Zakat,   Infaq,  dan Shadaqah (ZIS)]
Preview
Text (Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS))
Muzakir, 140602037, FEBI, ES, 081269782488.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan lembaga zakat sebagai salah satu institusi pengelola dana umat memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas sosial yang berkembang dimasyarakat . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengelolaan ZIS Produktif DT Peduli Aceh dan peranan ZIS produktif dalam pemberdayaan ekonomi umat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan ZIS produktif dilakukan dengan memberikan modal kepada mustahiq agar dapat dijadikan sumber untuk mengembangkan usaha. DT Peduli Aceh memberikan pelatihan sehingga dapat memberikan keuntungan dan meningkatkan ekonomi mustahiq yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi muzakki. Peran yang dilakukan oleh DT Peduli Aceh meliputi tiga aspek yaitu sebagai pengumpulan, pendistribusian dan pengawasan ZIS produktif. Dana ZIS yang diperoleh disalurkan bukan hanya untuk zakat konsumtif, akan tetapi juga zakat produktif yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian umat. Pihak DT Peduli Aceh juga melakukan pengawasan agar mustahiq mampu mengelola modal tersebut dengan baik dan sesuai dengan manajemen usaha yang akhirnya memberikan perkembangan usaha yang baik bagi mustahiq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muzakir Muzakir
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:56
Last Modified: 13 Dec 2021 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19033

Actions (login required)

View Item
View Item