Analisis Self Concept Dan Self Efficacy Pada Pengelola Arsip Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Mayyana Ningsih, 160503122 (2021) Analisis Self Concept Dan Self Efficacy Pada Pengelola Arsip Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Self Concept Dan Self Efficacy Pada Pengelola Arsip Di Dinas Perpustakaan  Dan Kearsipan Aceh]
Preview
Text (Analisis Self Concept Dan Self Efficacy Pada Pengelola Arsip Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Mayyana Ningsih, 160503122, FAH, IP, 082214817418.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelola arsip pada saat ini memiliki berbagai permasalahan yang melingkupi, mulai dari belum begitu dikenal dikalangan masyarakat umum hingga dikatakan pekerjaan yang membosankan. Permasalahan lainnya yaitu sedikitnya jumlah pengelola arsip yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah arsip yang harus dikelola, serta terdapatnya perbedaan jurusan yang signifikan pada pengelola arsip di lembaga kearsipan Aceh. Selain itu permasalahan terkait kurangnya fasilitas yang memadai masih menjadi permasalahan yang ditemukan di Dinas Perpustakaan Kearsipan Aceh ini. Namun, terkait permasalahan yang ditemukan pengelola arsip dapat menampilkan hal positif, salah satunya adalah mendatangi setiap SKPA lain untuk melakukan pelatihan dan pembinaan mengelola arsip dan mengambil sendiri arsip-arsip yang akan dikelola. Menjadi pembicara dan menjadi pengajar ditengah kesibukan yang ada. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti terkait dengan bagaimana gambaran self concept (konsep diri) dan self efficacy (efikasi diri) pengelola arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Menggunakan konsep William H Fitts pada konsep diri dan konsep Albert Bandura pada efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) self concept (konsep diri) pada pengelola arsip Dinas Perpustakaan dan kearsipan aceh dilihat dari dimensi internal dan eksternal mengarah menjadi lebih baik dalam tingkah laku serta keyakinan diri menunjukan memiliki self concept positif. (2) self efficacy (efikasi diri) pada pengelola arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dilihat dari 3 dimensi memiliki hasil yang dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Uncontrolled Keywords: Pengelola arsip, dimensi self concept, dimensi self efficacy.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 023 Personnel Management
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mayyana Ningsih
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:15
Last Modified: 14 Dec 2021 03:15
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item
View Item