Smart Governance: Strategi Pemerintah Kota Subulussalam Menuju Subulussalam Smart City

Aldi Cahyadi Cibro, 170802100 (2021) Smart Governance: Strategi Pemerintah Kota Subulussalam Menuju Subulussalam Smart City. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Subulussalam dalam melakukan penerapan konsep Smart City dalam dimensi Smart Governance di Kota Subulussalam.]
Preview
Text (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Subulussalam dalam melakukan penerapan konsep Smart City dalam dimensi Smart Governance di Kota Subulussalam.)
Aldi Cahyadi Cibro, 170802100, FISIP, IAN, 081265815893.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Daerah Kota Subulussalam dapat berinovasi dalam rangka penyelenggaraan Pemerintah daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang dimana setiap Pemerintahan daerah diberikan hak dan kewajiban untuk mengatur serta mengurus urusan Pemerintahan menurut asas otonomi serta memperhatikan prinsip demokrasi, dengan satu tujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan serta pemberdayaan peran masyarakat. Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian SE menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama program kota pintar atau Smart City dengan PT Icon Plus Medan. Program ini bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola Pemerintah Kota Subulussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Subulussalam dalam melakukan penerapan konsep Smart City dalam dimensi Smart Governance di Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif yang akan memberikan gambaran tentang strategi pemerintah Kota Subulussalam menuju Subulussalam Smart City melalui penerapan Smart Governance dalam ruang lingkup pemerintahan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa alternatif yang dapat dijadikan sebagai rumusan strategi Pemerintah Kota Subulussalam menuju Subulussalam Smart City dalam dimensi penerapan Smart Governance di Kota Subulussalam adalah sebagai berikut: 1) Strategi penguatan kelembagaan organisasi Dinas Kominfo Kota Subulussalam sebagai pusat unit pelaksana. 2) Strategi penguatan kerjasama lintas sektor dalam penerapan konsep Smart City di Kota Subulussalam dan 3) Strategi mendorong peran masyarakat untuk berperan aktif dalam rangka mewujudkan Kota Subulussalam Smart City.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Aldi Cahyadi Cibro
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:04
Last Modified: 15 Dec 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19044

Actions (login required)

View Item
View Item