Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Kalor Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pasie Raja

Raudhatul Jannah, 160204041 (2021) Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Kalor Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Quantum Learning]
Preview
Text (Penerapan Metode Quantum Learning)
Raudhatul Jannah, 160204041, FTK, PFS, 082165732280.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya antusias terhadap pembelajaran fisika menjadi penyebab peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran, pendidik tidak menggunakan model yang tepat untuk kegiatan pembelajaran. Sehingga pemahaman konsep peserta didik masih rendah, maka dari itu perlu kegiatan pembelajaran yang bisa melatih pemahaman konsep peserta didik. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran fisika dengan menerapkan metode Quantum Learning di SMA Negeri 1 Pasie Raja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian one group pre-test posttest design yang melibatkan kelas eksperimen XI IPA2 dan kelas kontrol XI IPA1. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal tes dan di analisis melalui statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran fisika dengan menerapkan metode quantum learning di SMA Negeri 1 Pasie Raja pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol dimana thitung> ttabel yaitu 6,39 > 2,00, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor di SMA Negeri 1 Pasie Raja pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran, S.Pd., M.Pd. 2. Rahmati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Pemahaman Konsep, Kalor
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Raudhatul Jannah
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:09
Last Modified: 15 Dec 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19052

Actions (login required)

View Item
View Item