Efektivitas Pemanfaatan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) Untuk Pengawet Ikan Tongkol Sebagai Penunjang Matakuliah Gizi dan Kesehatan

Linda Ramadhani, 160207078 (2021) Efektivitas Pemanfaatan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) Untuk Pengawet Ikan Tongkol Sebagai Penunjang Matakuliah Gizi dan Kesehatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) Untuk Pengawet Ikan Tongkol Sebagai Penunjang Matakuliah Gizi Dan Kesehatan]
Preview
Text (Efektivitas Pemanfaatan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) Untuk Pengawet Ikan Tongkol Sebagai Penunjang Matakuliah Gizi Dan Kesehatan)
Linda Ramadhani, 160207078, FTK, PBL, 082276069029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Ikan tongkol merupakan salah satu spesies ikan dan komoditas pangan yang mudah mengalami kemunduran mutu. Sebagai komunitas yang mudah mengalami kemunduran mutu, maka ikan tongkol sebagai sumber pangan hewani perlu untuk dipertahankan ketahanan pangannya. Daun belimbing wuluh dapat dijadikan alternatif sebagai pengawet, karena mengandung senyawa kimia yang dapat berfungsi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan efektifitas daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) sebagai pengawet ikan tongkol terhadap kadar protein dan pH ikan tongkol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimental. Penelitian menggunakan 2 perlakukan yang terdiri dari (ekstrak daun belimbing wuluh P1= 28,5%, P2= 37,5%, dan P3= 44,4%) dengan waktu penyimpana 6, 12 dan 24 jam dan dengan menguji kadar protein dan pH ikan tongkol. Data Kadar protein dianalisis dengan menggunakan metode uji kjeldahl dan pH dianalisis dengan menggunakan metode uji elektrometri. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan setiap konsentrasi dan lama penyimpanan terhadap daya tahan ikan tongkol. Daun belimbing wuluh dengan konsentrasi 44,4% dan masa simpan 12 jam lebih efektif digunakan sebagai pengawet alami ikan tongkol. Hasil dari kadar protein dengan nilai rata-rata 26, 905 dengan nilai rata-rata kadar pH 6,06. Hasil uji kelayakan berdasarkan keseluruhan persentase yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi maka Ebook mendapatkan nilai rata-rata rata persentase 89,15% dengan kategori sangat layak untuk direkomendasikan sebagai penunjang pada matakuliah gizi dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Linda Ramadhani
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:18
Last Modified: 15 Dec 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item
View Item