Pembinaan Karakter pada Sekolah Umum Boarding School (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh)

Alimudin, 29173651 (2021) Pembinaan Karakter pada Sekolah Umum Boarding School (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh). Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pembinaan Karakter pada Sekolah Umum Boarding School (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Pembinaan Karakter pada Sekolah Umum Boarding School (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh))
Alimudin, 29173651, PS, PAI, 085277759610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Aceh yang terkenal dengan negeri bersyariat, idealnya dapat melahirkan peserta didik yang berperadaban, berbudaya dan berkarakter. Pada kenyataannya, lembaga pendidikan yang ada belum dapat mewujudkan idealitas tersebut. Degradasi moral selama ini menjadi persoalan besar bagi perkembangan bangsa termasuk Aceh, idealnya pembinaan karakter harus diekplorasi dari berbagai sumber untuk diterapkan dalam berbagai jenjang pendidikan. Lembaga pendidikan berbasis boarding school menyadari bahwa pendidikan karakter merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun kembali jati diri individu maupun bangsa. Adapun maksud penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban secara ilmiah terhadap: (1) Bagaimana program pembinaan karakter di sekolah umum boarding school di Banda Aceh? (2) Bagaimana sistem pembinaan karakter di sekolah umum boarding school di Banda Aceh? (3) Bagaimana model pembinaan karakter yang dilakukan sekolah umum boarding school Banda Aceh? (4) Bagaimana capaian pembinaan karakter yang telah dilakukan selama ini di boarding school Banda Aceh? (5) Bagaimana peluang dan tantangan pembinaan kararkter di boarding school Banda Aceh? Penelitian ini dilakukan pada dua Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu SMAN 2 Banda Aceh dan SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang sekolah umum berbasis boarding school sebagai alternatif pembinaan pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Atas di Kota Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, telaah dukumen serta teknik triangulasi. Data yang diperoleh dianalisa menurut John W. Creswell dengan langkah-langkah: mempersiapkan dan mengolah data, membaca keseluruhan data, coding data, mendeskripsikan serta menginterpretasikan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Program pembinaan karakter sekolah menengah atas boarding school Banda Aceh dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: Perencanaan jangka pendek, melalui pembinaan spiritual. Perencanaan jangka menengah, dilakukan melalui pembinaan mental. Perencanaan jangka panjang, peserta didik diharapkan unggul dalam prestasi berlandaskan nilai islami. (2) Sistem pembinaan karakter sekolah umum boarding school Banda Aceh terintegrasi antara sekolah dan asrama dengan menerapkan sistem kontrol 24 jam. (3) Model pembinaan karakter SMAN 10 Fajar Harapan melibatkan semua komponen sekolah, mulai dari pembina asrama sampai dengan guru, satpam, rohis dan alumni dengan pengawasan berlapis serta atauran yang mengikat. Berbeda di SMAN 2 Boarding, pengawasan siswa lebih terfokus pada pengelola boarding yang terdiri dari koordinator program, pembina asrama, guru piket, sedangkan kegiatan malam hari pengawasan lebih dibebankan pada pengasuh asrama. (4) Capaian pembinaan karakter di boarding school Banda Aceh. SMAN 10 Fajar Harapan sesuai dengan program dan target, baik dari segi prestasi akademik maupun pembinaan karakter yang berlandaskan Islami. Adapun SMAN 2 Boarding, capaian dalam pembinaan karakter siswa belum sepenuhnya maksimal. (5) Peluang pembinaan karakter di boarding school sangat besar karena terintegrasi antara sekolah dan asrama dengan pengawasan 24 jam. Adapun tantangannya adalah minimnya keaktifan dan kerjasama orang tua dengan pihak sekolah dalam upaya pembinaan karakter anak. Sejumlah siswa yang bermasalah biasanya disebabkan oleh beberapa hal di antaranya: ketidakmampuan mereka dalam beradaptasi dan penggunaan handphone (HP) yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Adapun yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah adanya keteladanan dan konsistensi yang menjadi core keberhasilan dalam lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor : Prof. Dr. Warul Walidin, AK, MA., Dr. Sri Suyanta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; karakter; sekolah umum; boarding school
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alimudin Alimudin
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:45
Last Modified: 15 Dec 2021 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item
View Item