Fenomena Minum Tuak di Masyarakat Kutacane (Studi Kasus di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara)

Febri Ramatdani, 150305049 (2021) Fenomena Minum Tuak di Masyarakat Kutacane (Studi Kasus di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Fenomena Minum Tuak di Masyarakat Kutacane (Studi Kasus di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara)]
Preview
Text (Fenomena Minum Tuak di Masyarakat Kutacane (Studi Kasus di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara))
Febri Ramatdani, 150305049, FUF, SA, 082269289768.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Lawe Sigala-gala gemar dalam minum tuak. Hal ini terjadi karena kurangnya ketegasan dari pemerintah Aceh Tenggara serta lemahnya pelaksanaan fungsi dan wewenang dari WH.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan atau faktor penyebab minum tuak, respon masyarakat dan kebijakan pemerintah terhadap peminum tuak di Kecamatan Lawe Sigala-gala. Teori yang digunakan adalah teori dari Alfred Schutz yang berpendapat bahwa tindakan manusia menjadi suatu hubungan sosial bila manusia memberikan arti atau makna tertentu terhadap tindakannya.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena minum tuak di Kecamatan Lawe Sigala-galasudah menjadi tradisi dan bukan suatu hal yang tabu. Hal ini dikarenakan banyaknya penjual maupun pembeli yang masih melakukan transaksi jual beli tuak secara bebas di tempat umum. Pemerintah setempat sudah berupaya untuk mengurangi aktivitas jual beli tuak, namun masih saja kerap terjadi tradisi jual beli tuak tersebut. Respon pemerintah daerah sudah bertindak dalam mancari solusi untuk mengurangi fenomena minum tuak. Berbagai cara telah dilakukan oleh pihak pemerintah seperti himbauan sampai razia ke tempat-tempat perkumpulan masyarakat yang sedang berpesta pora tuak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bustami Abubakar, S.Ag., M. Hum., Pembimbing II : Arfiansyah, S.Fil.l., M.A.
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Minum Tuak, Masyarakat Kutacane.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.8 Kelompok Etnik dab Bangsa (Pluraslisme/Ilmu Sosial)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Febri Ramatdani Febri
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:12
Last Modified: 16 Dec 2021 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item
View Item