Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Sosiokultural pada SMAN Aceh Besar

Syahrul Riza, 27153173 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Sosiokultural pada SMAN Aceh Besar. Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam       Melalui Pendekatan Sosiokultural pada SMAN Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Sosiokultural pada SMAN Aceh Besar)
Syahrul Riza, 27153173, PS, PAI, 081269004876.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran berperan penting dan menjadi acuan bagi para guru-guru di sekolah. Dalam hal ini, pentingnya pengembangan bahan ajar sama pentingnya dalam pengembangan perangkat pembelajaran karena bahan ajar adalah bagian dari perangkat pembelajaran sehingga guru dituntut untuk mempunyai kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan sosiokultutal pada siswa SMAN di Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengdeskripsikan data yang diperoleh di lapangan. Informasi yang telah diperoleh di lapangan baik melalui pengamatan langsung, wawancara, kajian dokumen, dan catatan resmi pada masing-masing sekolah yang menjadi objek penelitian. Adapun hasil penelitian didapatkan bahwa; pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah dengan cara melakukan pengintegrasian nilai-nilai budaya dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), diawali dengan mencari nilai-nilai budaya selanjutnya dikumpulkan untuk dipahami makna yang terkandung padanya melalui literatur-literatur dan tokoh budaya yang berkompeten dibidangnya; pengembangan bahan ajar PAI dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi, memilah dan mencocokkan, merencanakan serta melaksanan ke dalam pendidikan Agama Islam. Selanjutnya menyelaraskan nilai-nilai budaya yaitu penyesuaian/ penyelarasan nilai-nilai luhur budaya yang dipadukan dengan materi pendidikan Islam hingga mencapai suatu keserasian fungsi di dalam kehidupan masyarakat serta integrasi bahan ajar PAI dengan kearifan lokal dapat meningkatkan pamahaman siswa dalam mempelajari bahan ajar PAI.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor I : Prof. Dr. H. Jamaluddin Idris, M.Ed Promotor II : Prof. Dr. H. M. Hasbi Amiruddin, MA
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar PAI, Pengembangan, Sosiokultural
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Riza Syahrul
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:20
Last Modified: 16 Dec 2021 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item
View Item