Kajian Etnobiologi Masyarakat Adat Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Etnobiologi

Sy. Aisyah Salsabila, 150207140 (2021) Kajian Etnobiologi Masyarakat Adat Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Etnobiologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Etnobiologi Masyarakat Adat Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Etnobiologi]
Preview
Text (Kajian Etnobiologi Masyarakat Adat Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Etnobiologi)
Sy. Aisyah Salsabila, 150207140, FTK, PBI, 085371239762 - Copy_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kluet Tengah merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Selatan yang masyarakatnya masih memanfaatkan tumbuh-tumbuhan dan hewan dalam upacara adat. Pemanfaatan sumberdaya alam oleh masyarakat adat Kluet Tengah (Etnobiologi) baik tumbuhan maupun hewan terkait erat dengan prinsip kearifan tradisional masyarakat tersebut. Etnobiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat lokal serta budaya yang ada pada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan dan hewan yang digunakan dalam upacara adat oleh masyarakat Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Metode pengumpulan sampel dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dan pengambilan sampelnya secara Purposive sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa di Kecamatan Kluet Tengah terdapat 16 jenis tumbuhan yang terdiri dari 12 famili dan 5 jenis hewan dari 4 famili. Berdasarkan bagian organ tumbuhan yang digunakan adalah batang (9 jenis), daun (10 jenis), bunga (4 jenis), biji (3 jenis), buah (2 jenis), umbi (1 jenis) dan akar (1 jenis). Bagian organ hewan yang digunakan adalah kepala (4 jenis), kaki (3 jenis), badan (5 jenis), isi dalam (3 jenis) dan telur (1 jenis). Persentase penggunaan tumbuhan dan hewan oleh masyarakat Kluet Tengah yaitu tumbuhan 80% dan hewan 25%. Output hasil penelitian dibuat dalam bentuk Booklet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sy. Aisyah Salsabila Salsabila
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:47
Last Modified: 17 Dec 2021 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19077

Actions (login required)

View Item
View Item