Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Fisika Listrik Menggunakan Macromedia Flash Pada SMP Negeri 2 Seunagan

Tiya Shafia Zetha, 150212084 (2019) Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Fisika Listrik Menggunakan Macromedia Flash Pada SMP Negeri 2 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Fisika]
Preview
Text (Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Fisika)
Tiya Shafia Zetha, 150212084, FTK, PTI, 082214865591.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perancangan dari media pembelajaran interaktif fisika listrik dengan menggunakan aplikasi macromedia flash, mengukur minat belajar peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran interaktif, serta mengetahui tanggapan dari ahli materi, ahli media dan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau biasanya dikenal dengan metode Research and Development (R&D). Tahapan dalam proses pengembangan ini adalah tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian media tersebut di uji cobakan oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Seunagan, Kec. Seunagan Timur, Kab. Nagan Raya dengan melibatkan 35 orang peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada penelitian ini mendapatkan hasil tanggapan dari kedua para ahli Sangat baik (ahli materi) dan Baik (ahli media) tanpa revisi, sedangkan dari tanggapan peserta didik positif termasuk kedalam kategori Sangat baik.. Hal ini dibuktikan melalui sebaran angket yang diberikan kepada responden setelah pembelajaran berakhir. Dari keseluruhan instrumen soal yang diberikan, peserta didik yang memberikan tanggapan positif lebih banyak dari pada peserta didik yang memberikan tanggapan negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran, M.Pd 2. Khairan, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Tiya Shafia Zetha
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:53
Last Modified: 17 Dec 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item
View Item