Peran pengurus koperasi dalam membimbing kelompok kerja petani kopi pada Koperasi Permata Gayo di Kec. Bandar Kab. Bener Meriah, Skripsi S-1, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh 2021.

Alma Fitri, 160402112 (2021) Peran pengurus koperasi dalam membimbing kelompok kerja petani kopi pada Koperasi Permata Gayo di Kec. Bandar Kab. Bener Meriah, Skripsi S-1, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh 2021. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran pengurus koperasi dalam membimbing  kelompok  kerja petani kopi]
Preview
Text (Peran pengurus koperasi dalam membimbing kelompok kerja petani kopi)
Alma Fitri, 160402112, FDK, BKI, 082169815344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya petani mengolah lahannya menggunakan teknik apa adanya dan produksi yang rendah karna akan panen dengan pemilik lahan lain maka dibentuklah kelompok kerja , namun kelompok kerja petani kopi tidak terlepas dari peran pengurus yang memberikan bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program tahunan yang disusun pengurus koperasi, untuk mengetahui bentuk bimbingan kelompok kerja yang dilakukan pengurus koperasi kepada petani kopi, untuk mengetahui bentuk kelompok kerja yang diterapkan petani kopi, dan untuk mengetahui hasil kelompok kerja yang dirasakan petani kopi. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dilapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang disusun pengurus koperasi adalah program tahunan tidak tersusun, program dasar pada petani kopi adalah memberikan pendidikan tentang kopi, kesejahteraan petani, sertifikasi kepada anggota, sosialisasi lingkungan, sosialisasi kompos, bentuk bimbingan kelompok kerja yang dilakukan oleh pengurus koperasi terhadap petani kopi ada beberapa macam seperti pelatihan, praktik, workshop, seminar, bentuk kelompok kerja yang sedang dan telah diterapkan oleh petani kopi dibentuk namun tidak semua kelompok, bentuk kelompok kerja yang dijalankan pada petani kopi adalah menjual hasil panen kopi kepada kolektor, hasil/prestasi kelompok kerja yang dirasakan oleh petani kopi yaitu ada terdapat nilai kerja sama antar anggota, dengan adanya koperasi kualitas harga yang tinggi, kopi bertambah kualitasnya. Saran yang disampaikan peneliti untuk pengurus perannya untuk lebih ditingkatkan lagi, untuk anggota dengan adanya bimbingan yang diberikan pengurus dapat ditingkatkan lagi, untuk peneliti selanjutnya agar dikaji lebih dalam dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alma Fitri Alma
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:13
Last Modified: 17 Dec 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item
View Item