Peningkatan Akhlak Mulia Melalui Bimbingan Sosial pada Siswa SD Muhammadiyah Kuta Buloh

Siti Faradila Soraya, 160213068 (2021) Peningkatan Akhlak Mulia Melalui Bimbingan Sosial pada Siswa SD Muhammadiyah Kuta Buloh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Akhlak Mulia Melalui Bimbingan Sosial pada Siswa SD Muhammadiyah Kuta Buloh]
Preview
Text (Peningkatan Akhlak Mulia Melalui Bimbingan Sosial pada Siswa SD Muhammadiyah Kuta Buloh)
Siti Faradila Soraya, 160213068, FTK, BK, 082267066979.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Akhlak mulia merupakan sistem nilai yang menjadi asas perilaku yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah seperti sabar, jujur, bersyukur, tawadhu’ (rendah hati), dan segala sifat yang baik. Lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap peningkatan akhlak mulia siswa, karena akhlak mulia perlu dididik atau dibimbing sejak usia masih kanak-kanak. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui indikator akhlak mulia pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan (2) untuk mengetahui metode bimbingan sosial dalam meningkatkan akhlak mulia pada siswa Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator akhlak mulia pada siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Kuta Buloh adalah (1) pelaksanaan ibadah, seperti membaca Al-Qur’an, bersedekah, berdoa, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah, serta pengucapan kalimat thayyibah, (2) sopan santun, seperti menghormati guru, menghormati teman sebaya, berbicara sopan dengan guru dan teman sebaya, memberi dan menerima dengan kanan tangan, serta mengucapkan salam, (3) kejujuran, seperti menyelesaika tugas ujian sendiri, selalu bersikap jujur, dan berani megakui kesalahan, (4) sabar, seperti sabar ketika diejek dan sabar ketika tidak mendapat yang diinginkan, (5) bersyukur, seperti perasaan positif terhadap hidup yang dimiliki, dan (6) rendah hati, seperti menghindari sikap tinggi hati, menjauhi sikap membanggakan diri, serta berpenampilan sederhana. Kemudian metode bimbingan sosial yang digunakan oleh guru BK adalah metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung seperti metode individual dan kelompok, sedangkan metode tidak langsung seperti media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fakhri Yacob, M. Ed Pembimbing II : Mahdi, S. Pd.I., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Akhlak mulia, bimbingan sosial
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Faradila Soraya
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:57
Last Modified: 21 Dec 2021 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19087

Actions (login required)

View Item
View Item