Dakwah Persuasif Menurut Dai Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi di Kota Banda Aceh)

Fatayat Mauliza, 421307221 (2020) Dakwah Persuasif Menurut Dai Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi di Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dakwah Persuasif  Menurut Dai Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi  di Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Dakwah Persuasif Menurut Dai Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi di Kota Banda Aceh))
Fatayat Mauliza, 421307221, FDK, BKI, 085276401170.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, Dakwah Persuasif menurut Da’i Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Studi di Kota Banda Aceh). Dakwah merupakan salah satu bagian terpenting dalam Islam. Untuk menunjang agar tercapainya kesuksesan dan keberhasilan dalam berdakwah salah satunya dengan menggunakan metode persuasif. Fokus masalah dalam penelitian ini dirumuskan dalam bentuk beberapa pertanyaan yaitu: (1) bagaimana dakwah persuasif menurut da’i alumni fakultas dakwah dimasa kini, (2) Metode apa saja yang digunakan dalam menyampaikan dakwah persuasif menurut da’i alumni fakultas dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dakwah persuasif menurut da’i alumni fakultas dakwah serta metode apa saja yang digunakan da’i ketika menyampaikan dakwah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu penelitian dengan mengumpulkan data di lapangan dan menganalisa serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini sebanyak 4 responden yang berprofesi sebagai da’i juga alumni dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) dakwah yang dilakukan oleh da’i alumni fakultas dakwah dan komunikasi dimasa kini sudah persuasif begitu pula dengan prakteknya, (2) metode yang digunakan oleh da’i alumni fakultas dakwah dalam menyampaikan dakwah tetap berlandaskan Al-Qur’an surah an-Nahl ayat 125.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Persuasif, Da’i Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fatayat Mauliza
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:59
Last Modified: 21 Dec 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19088

Actions (login required)

View Item
View Item