Pemanfaatan E-Library dalam Proses Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nyak Ridwan, 170206033 (2021) Pemanfaatan E-Library dalam Proses Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemanfaatan E-Library dalam Proses Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Pemanfaatan E-Library dalam Proses Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nyak Ridwan, 170206033, FTK, MPI, 082293443639.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecenderungan pemanfaatan e-library di dunia pendidikan sangat tinggi terlebih pada mahasiswa. Perpustakaan digital (e-library) sebagai sebuah perpustakaan yang menyediakan berbagai koleksi informasi dalam bentuk format digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tanpa ada batasan waktu apapun, selama terkoneksi dengan jaringan internet aktivitas pemanfaatan e-library oleh mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam dikarenakan kemudahan dalam mengakses informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Profil mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang memanfaatkan e-library dalam proses belajar (2) Aktivitas mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) terhadap pemanfaatan e-library (3) Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa MPI saat pemanfaatan e-library. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan model pendekatan concurrent embed. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa MPI leting 2017, 2018, 2019, dan 2020, dengan jumlah 448 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 76 orang. Teknik analisis data kuantitatif yaitu menggunakan teknik deskripstif presentase, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan teknik Miles and Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki yang memanfaatkan e-library dalam proses belajar dengan presentase laki-laki sebanyak 21% dan perempuan sebanyak 79%. Sebagian besar aktivitas pemanfaatan e-library dalam proses belajar mahasiswa MPI dimanfaatkan untuk melakukan proses pencarian informasi, yang dikategorikan kedalam beberapa poin, yaitu: Pemanfaatan e-library sebagai sebuah kebutuhan, pemanfaatan e-library sebagai sebuah motivasi dan pemanfaatan e-library sebagai sebuah minat. Dalam proses belajar perpustakaan digital (e-library) dibutuhkan khususnya saat penelusuran informasi, untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, ilmu dan informasi baru. Kesimpulannya jika mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) memanfaatkan e-library dengan optimal maka dapat membantu mereka dalam proses belajar. Penelitian ini belum mengkaji pengelolaan e-library di perpustakaan UIN ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 2 : Ainul Mardhiah, S. Ag, MA. Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Perpustakaan Digital (E-Library), Proses Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nyak Ridwan
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:17
Last Modified: 21 Dec 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item
View Item