Penggunaan Permainan Lempar Mufradat untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Tarkib Jumal Ismiyah (Peneitian Eksperimen di MTsS Durian Kawan Aceh Selatan)

Nur Ismi, 170202010 (2021) Penggunaan Permainan Lempar Mufradat untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Tarkib Jumal Ismiyah (Peneitian Eksperimen di MTsS Durian Kawan Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Permainan Lempar Mufradat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Tarkib Jumal Ismiyah]
Preview
Text (Permainan Lempar Mufradat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Tarkib Jumal Ismiyah)
Nur Ismi, 170202010, FTK, PBA, 082369313004.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang pertama peneliti menemukan bahwasanya siswa MTsS Durian Kawan menghadapi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama pada “Tarkibul Jumal Ismiyah”.Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan permainan lempar mufradat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif penggunaan permainan lempar mufradat untuk meningkatkan kemampuan siswa pada tarkib jumlah ismiyah dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan permainan lempar mufradat dalam pembelajaran tarkib jumlah ismiyah. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian yang peneliti gunakan adalah studi eksperimen dengan jenis penelitian “Non Equivalent Control Group Design”. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Durian Kawan. Adapun sample penelitian ini peneliti memilih kelas 1A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 15 siswa. Dan kelas 1B sebagai kelompok control dengan jumlah 15 siswa Adapun hasilnya peneliti mendapatkan bahwa penggunaan permainan lemparmufradat sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib jumlah ismiyah. Hal ini dibuktikan dengan nilai (t-test) lebih dkecil daripada (t-table) (0,000 lebih kecil dari 0,05). Adapun tingkat keberhasilan respon siswa sangat baik p= 81,96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Ismi Ismi
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:25
Last Modified: 21 Dec 2021 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item
View Item