Perancangan Asrama Mahasiswa Aceh Selatan Di Kota Banda Aceh

Alwin Fajar, 140701009 (2021) Perancangan Asrama Mahasiswa Aceh Selatan Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perancangan Asrama Mahasiswa Aceh Selatan Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Perancangan Asrama Mahasiswa Aceh Selatan Di Kota Banda Aceh)
Alwin Fajar, 140701009, FST, ARS, 082360017273.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Asrama mahasiswa merupakan tempat tinggal, beristirahat, belajar dan bersosialisasi. Saat ini, telah terdapat Asrama Mahasiswa Aceh Selatan di Banda Aceh yang berada di Jalan Teungku Panglima Nyak Makam, Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Namun, kondisi asrama saat ini sangat memprihatinkan karena tidak terawat, kurangnya daya tampung mahasiswa yang tinggal di asrama dan tidak adanya manajemen pengolahan asrama yang jelas sehingga menyebabkan kondisi asrama tidak terawat. Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah mahasiswa Aceh Selatan memilih tinggal di rumah sewa ataupun kost. Hasil wawancara terhadap 50 mahasiswa Aceh Selatan menunjukkan antusiasme yang sangat besar terhadap ide pembangunan asrama baru dan bersedia tinggal di asrama. keinginan mahasiswa Aceh Selatan untuk memiliki Asrama yang lebih baik. Pembangunan asrama mahasiswa Aceh Selatan diharapkan mampu menyediakan sarana sebagai tempat tinggal serta menyediakan fasilitas-fasilitas yang akan menunjang kegiatan mahasiswa guna memotivasi dan meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Perancangan asrama bertujuan memiliki manfaat bagi penggunanya dengan pendekatan arsitektur hijau yang menjadi solusi maraknya pemanasan global, dengan demikian bangunan yang akan dirancang dapat menjadi bangunan yang hemat energi. Dengan pendekatan Arsitektur Hijau untuk menyadarkan mahasiswa untuk menjaga lingkungan dan juga akan meningkatkan kreatifitas mahasiswa untuk mengelola asrama yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Maysarah Binti Bakri, S.T., M.Arch. Pembimbing II : Muhammad Naufal Fadhil, S. Ars., M.Arch.
Uncontrolled Keywords: Asrama Mahasiswa, Aceh Selatan, Green Architecture
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Alwin Fajar
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:18
Last Modified: 21 Dec 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item
View Item