Pengembangan Media Ajar Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPN 2 Beutong

Dahliana, 160207139 (2021) Pengembangan Media Ajar Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPN 2 Beutong. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Ajar Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPN 2 Beutong]
Preview
Text (Pengembangan Media Ajar Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPN 2 Beutong)
Dahliana, 160207139, FTK, PBL, 082249144269.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Selama masa pandemi covid-19 proses pembelajaran di SMPN 2 Beutong dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi whatsApp, namun proses mempelajarannya masih sulit dipahami oleh peserta didik dikarenakan proses pembelajaran hanya mengirimkan materi singat dan tugas tanpa adanya media tambahan yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangkan Media pembelajaran berbasis audio visual pada materi sistem pencernaan pada manusia ini dikembangkan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang tediri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi dan 25 peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Beutong. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berdasarkan kelayakan media memperoleh nilai rata-rata 82% dengan kriteria layak, sedangkan kelayakan materi memperoleh nilai rata-rata 80% dengan kriteria layak. Respon peserta didik terhadap media audio visual mendapatkan hasil 84% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis uadio visual pada materi sistem pencernaan pada manusia layak digunakan sebagai media pambelajaran di SMPN 2 Beutong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Audio Visual, Sistem Pencernaan pada Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dahliana Dahliana
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:24
Last Modified: 21 Dec 2021 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item
View Item