Strategi Supervisi Kepala Sekolah pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar

Linda Zahara, 170206058 (2021) Strategi Supervisi Kepala Sekolah pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Strategi Supervisi Kepala Sekolah pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar]
Preview
Text (Strategi Supervisi Kepala Sekolah pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar)
Linda Zahara, 170206058, FTK, MPI, 081362507700.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan suatu cara yang disusun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah dalam kedudukannya sebagai supervisor pendidikan, ia harus dapat memberi pelayanan yang sesuai terhadap situasi yang sedang dihadapi para guru. Dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini guru harus kreatif dan melek akan teknologi, agar peserta didik tidak jenuh dengan keadaan dan kualitas hasil belajarnya dapat meningkat. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang mempunyai keterbatasan dari sisi akses maupun pemanfaatan teknologi yang dimiliki, dan ada sebagian dari peserta didik tidak mempunyai media yang lengkap dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran daring. Kondisi ini membuat para guru sulit untuk memenuhi kebutuhan peserta didiknya. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk perencanaan kepala sekolah terhadap pembelajaran daring, strategi pengawasan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran daring, dan kendala yang terjadi dalam pengawasan pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 1 Baitussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, dua orang guru dan satu peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kepala sekolah telah menyusun perencanaan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dimulai, perencanaannya disesuaikan dengan konsep pembelajaran virtual. Kedua, kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai strategi, dimulai dari teknik-teknik supervisi, model supervisi dan pendekatan supervisi. Namun tidak dari semua indikator dapat terlaksanakan. Ketiga, kendala yang terjadi dalam pengawasan kepala sekolah pada pelaksanaan pembelajaran daring, ialah: (1) beban waktu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab manajerial kepala sekolah, (2) minimnya pengetahuan guru tentang pemanfaatan teknologi, (3) sebagian siswa tidak mempunyai media pembelajaran daring yang lengkap. Penelitian ini belum meneliti tentang strategi pembinaan kepala sekolah terhadap kemampuan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Muhammad Faisal, S.Ag., M.Ag. Pembimbing 2 : Tihalimah, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Supervisi Kepala Sekolah, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Linda Zahara
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:15
Last Modified: 22 Dec 2021 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item
View Item