Analisis Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat (Studi Pada Ihmal Market Dan Menasah Al-Ikhlas Desa Blang Mersah Kabupaten Aceh Tengah)

Elfina, 190602164 (2021) Analisis Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat (Studi Pada Ihmal Market Dan Menasah Al-Ikhlas Desa Blang Mersah Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat  (Studi Pada Ihmal Market Dan Menasah Al-Ikhlas Desa Blang Mersah Kabupaten Aceh Tengah)]
Preview
Text (Analisis Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat (Studi Pada Ihmal Market Dan Menasah Al-Ikhlas Desa Blang Mersah Kabupaten Aceh Tengah))
Elfina, 190602164, FEBI, ES, 085362973826.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan salah satu instrumen dalam ekonomi syariah yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka penelitian ini mengkaji mengenai analisis pengelolaan wakaf produktif dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Tujuan penelitian ini mengetahui pengelolaan wakaf produktif di Ihmal Market dan Menasah Al-Ikhlas serta dampak pengelolaan wakaf produktif terhadap tingkat kesejahteraan umat di Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengelolaan wakaf produktif di Ihmal Market dikelola secara profesional sedangkan di Menasah Al- Ikhlas dikelola secara sederhana atau tradisional. Adapun dampak dari pengelolaan wakaf produktif dari kedua lokasi ini belum memberikan kontribusi secara langsung untuk kesejahteraan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Elfina Elfina
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:02
Last Modified: 22 Dec 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item
View Item