Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Murder terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama

Husnatul Ismi, 150205095 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Murder terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Murderterhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Murderterhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama)
Husnatul Ismi, 150205095, FTK, PMA, 085262700141_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat selama proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih pasif. Oleh karena itu, diupayakan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih baik daripada pembelajaran non kolaboratif MURDER. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pretest-postest group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bubon dengan sampel kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan statistik uji-t, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,39 >1,68. dikarenakan t_(hitung )>t_(tabel )maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model non kolaboratif MURDER.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Husnatul Ismi
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:29
Last Modified: 22 Dec 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item
View Item