Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal

Muhammad Zahlul Fuady, 170211027 (2021) Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)]
Preview
Text (Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM))
Muhammad Zahlul Fuady, 170211027, FTK, PTE, 082295558355.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika peserta didik kelas X SMK NEGERI 1 Darul Kamal untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar standar kompetensi. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian terapan (applied research). Penelitian menerapkan Model pembelajaran PAIKEM menggunakan desain one shot case study, dengan desain instrument pretest dan post-test dimana subjek diberi perlakuan (treatment) tertentu yang diikuti dengan pengamatan pada saat penerapan perlakuan dan melakukan pengukuran. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X TITL SMKN 1 Darul Kamal yang berjumlah 9 peserta didik. Analisa data dilakukan dengan melihat perbedaan nilai rata-rata dengan menggunakan uji statistika. Hasil penelitian menunjukan pengaruh pada hasil belajar peserta didik. Seperti yang dilihat pada hasil uji hipotesis yaitu 0,033<0,05 dengan demikian Ho dapat diterima, Hasil dari pengolahan data juga menunjukan perubahan pada hasil belajar peserta didik setelah diimplementasikan model PAIKEM. Nilai rata-rata dari pretest yaitu 24,44 dan untuk nilai rata-rata post-test yaitu 71,11. Untuk respon peserta didik terhadap implementasi model PAIKEM mempunyai nilai sebesar 70,77%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Zahlul Fuady Zahlul
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:37
Last Modified: 22 Dec 2021 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item
View Item