Kembang Mayang, Gagar Mayang dan Kembar Mayang Dalam Ritual Perkawinan Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya

Resa Gustia, 170501005 (2021) Kembang Mayang, Gagar Mayang dan Kembar Mayang Dalam Ritual Perkawinan Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kembang Mayang, Gagar Mayang dan Kembar Mayang Dalam Ritual Perkawinan Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya]
Preview
Text (Kembang Mayang, Gagar Mayang dan Kembar Mayang Dalam Ritual Perkawinan Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya)
Resa Gustia, 170501005, FAH, SKI, 082241913301.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Kembang Mayang, Gagar Mayang dan Kembar Mayang dalam ritual Perkawinan Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya”. Gagar Mayang merupakan salah satu pelengkap dalam ritual perkawinan etnis Jawa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejarah Gagar Mayang di Nagan Raya,Jenis-jenis Mayang di Nagan Raya, Makna dan Nilai Gagar Mayang dalam ritual perkawinan etnis Jawa di Nagan Raya, dan upaya Masyarakat Etnis Jawa di Nagan Raya dalam melestarikan Gagar Mayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan menggunakan instrumen Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisa dengan cara data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sejarah Gagar Mayang di Nagan Raya bermula dari migrasi etnis Jawa ke Aceh, Jenis-jenis Mayang di Nagan Raya adalah Kembang Mayang,Gagar Mayang dan Kembar Mayang, makna Gagar Mayang dalam ritual perkawinan adalah telah diterimanya mempelai laki-laki oleh mempelai perempuan begitu juga sebaliknya juga oleh masing-masing pihak keluarga, nilai yang terkandung dalam Gagar Mayang adalah nilai sosial budaya, nilai ekonomi dan niai seni. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat etnis jawa dalam melestarikan Gagar Mayang dilakukan oleh para pengrajin Gagar Mayang dengan cara menurunkan keahlian kepada anak-anaknya sebagai penurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gagar Mayang, Ritual, Perkawinan, Etnis Jawa dan Nagan Raya
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Resa Gustia
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:29
Last Modified: 22 Dec 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item
View Item