Peran Arsiparis dalam Pengelolaan Kearsipan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh

Suhaira, 170206064 (2021) Peran Arsiparis dalam Pengelolaan Kearsipan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Arsiparis dalam Pengelolaan Kearsipan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Arsiparis dalam Pengelolaan Kearsipan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh)
Suhaira, 170206064, FTK, MPI, 082360950625.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kearsipan merupakan kumpulan catatan atau rekaman dari setiap kegiatan organisasi. Arsip memiliki peranan penting bagi kelancaran administrasi suatu organisasi, untuk itu arsip sangat penting untuk dirawat karena akan berguna dalam jangka panjang. Arsiparis adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang, dan hak secara penuh oeh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan kearsipan. Efisiensi pengelolaan arsip secara baik yang menunjang kegiatan administrasi sering kali diabaikan. Hal ini disebabkan oleh paradigma yang selalu menempatkan bidang kearsipan sebagai bidang pinggiran diantara aktivitas-aktivitas kerja lainnya. Sehingga profesi arsiparis sampai saat ini belum banyak diminati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan arsip, mengetahui pembinaan arsip dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung arsiparis dalam pengelolaan kearsipan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian adalah Kepala Dinas, Kepala Bagian Umum Kepegawaian dan Aset, dan Staff Bagian Umum Kepegawaian dan Aset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengelolaan kearsipan yang dilakukan mencakup perencanaan arsip yang dilakukan oleh masing-masing bidang yang ada di kantor, pengorganisasisan, penyusunan staf, pengarahan, hingga dilakukan pengawasan kearsipan, dan pembinaan arsip yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi SDM khususnya arsiparis kantor. Pembinaan ini mengarah kepada penataan dan pengelolaan arsip, serta penyediaan berkas arsip. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman tentang manajemen kearsipan dan terbatasnya sarana prasarana manajemen kearsipan, faktor pendukungnya yaitu adanya kesadaran akan arti penting arsip dan tersedianya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Rahmi, MA Pembimbing II : Dr. Murni, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kearsipan, Arsiparis, Perkantoran
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suhaira Suhaira
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:09
Last Modified: 24 Dec 2021 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19129

Actions (login required)

View Item
View Item