Analisis Sebaran Kebisingan Akibat Aktivitas Landing dan Take-off Di Sekitar Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Kabupaten Aceh Besar

M. Iswandi, wandi (2021) Analisis Sebaran Kebisingan Akibat Aktivitas Landing dan Take-off Di Sekitar Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang analisis bandara]
Preview
Text (Membahas tentang analisis bandara)
M. Iswandi, 160702034, FST, TL, 085372900729.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penerbangan di bandara seperti aktivitas take-off dan landing dapat menimbulkan kebisingan. Masyarakat yang terkena dampak kebisingan pesawat secara terus-menerus dalam waktu yang lama akan mengalami hilangnya kemampuan pendengaran. Salah satu hal yang kurang diperhatikan para pengembangan perumahan di kawasan sekitar bandara adalah adanya penetapan kawasan kebisingan di sekitar bandara. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah area permukiman di sekitar bandara Internasional Sultan Iskandar Muda termasuk dalam kawasan kebisingan yang telah ditetapkan. Distribusi kebisingan dianalisis dengan menggunakan bantuan Software Integrated Noise Model. Simulasi kebisingan pada penelitian ini menggunakan data penerbangan selama tiga hari yang telah diklasifikasikan berdasarkan jalur penerbangan yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 bangunan sekolah pada kawasan kebisingan tingkat I dan permukiman yang berada dalam kawasan kebisingan tingkat II. Perlu adanya mitigasi dampak kebisingan pesawat terhadap permukiman di sekitar area bandara, Mitigasi ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu: dengan memasang penghalang kebisingan (noise barrier) pada permukiman yang terkena dampak kebisingan dan menerapkan program insulasi suara pada rumah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permukiman dalam Kawasan kebisingan, Integrated Noise Model, Kontur Kebisingan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: M. Iswandi Wandi
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:13
Last Modified: 23 Dec 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item
View Item