Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Teknik Self Instruction Di Kelas VII SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie

Bella Afrida Yanti, 160204016 (2021) Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Teknik Self Instruction Di Kelas VII SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Teknik Self Instruction Di Kelas VII SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie]
Preview
Text (Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Teknik Self Instruction Di Kelas VII SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie)
Bella Afrida Yanti, 160204016, FTK, PFS, 082273723341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi memegang peranan penting bagi keberhasilan siswa didalam belajar fisika sehingga siswa mau dan suka belajar fisika. Dengan tidak adanya motivasi belajar maka siswa kurang minat belajar fisika. Faktor yang menyebabkan siswa kurang motivasi belajar sehingga tidak minat belajar fisika adalah metode guru yang tidak disukai, media belajar yang kurang mendukung dalam proses belajar, terlalu banyak hafalan, dan terlalu banyak PR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika melalui teknik self instruction. Teknik self instruction yaitu sebuah integrasi dari metode-metode kognitif dan perilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan instrument angket berupa angket terbuka dan isntrumen wawancara. Penelitian dilakukan secara langsung di sekolah SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP, sampel yang diambil yaitu 35 siswa kelas VII-E SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII-E di SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie masih rendah disebabkan karena adanya faktor dari dalam diri siswa yang beranggapan fisika itu sulit, tidak suka dengan hitungan, dan merasa bosan dengan pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rusydi ST, M.Pd Pembimbing II : Zahriah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Self Instruction.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Bella Afrida Yanti Bella
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:10
Last Modified: 23 Dec 2021 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item
View Item