Mat Yasin, 140204060 (2021) Penerapan Metode Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pining. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Mat Yasin, 140204060, FTK, PFS, 085213705071.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Penerapan belajar Metode Scaffolding sebagai solusi dari rendahnya hasil belajar dan aktivitas peserta didik di SMA Negeri 1 Pining akibat rendahnya hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Ouasi Eksperimen dengan Noneguivalent Control Group Design yang melibatkan kelas X MIPA, sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA) sebagai kelas control. maka diperoleh hasil thitung = 10,86. Kemudian dicari ttabel dengan (dk) = (n1 + n2 – 2), dk = (20+20-2) = 38 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi t di peroleh nilai t(0,95)(38) = 1,68. Karena thitung > ttabel yaitu 10,86 > 1,68 sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Scaffolding dapat meningkatkan maka hipotesis Ha diterima. Terdapa peningkata signifikan dari rata-rata hasil belajar kelas yang diterapkan Metode Pembelajaran Scaffolding dibandingkan dengan penerapan metode konvensional. Aktivitas pengajar dan siswa berjalan dengan baik setiap pertemuan. Oleh sebab itu, penerapan Metode Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri Besaran dan Satuan di SMAN 1 Pining
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mat Yasin |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 02:55 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 02:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19138 |