Kesenjangan Sosial Antara Warga Pendatang dan Warga Asli di Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya

M. Arus Husaini, 150305058 (2021) Kesenjangan Sosial Antara Warga Pendatang dan Warga Asli di Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesenjangan Sosial Antara Warga Pendatang dan Warga Asli]
Preview
Text (Kesenjangan Sosial Antara Warga Pendatang dan Warga Asli)
Muhammad Arus Husaini, 150305058, FUF, SA, 085372829556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Warga pendatang kegiatan hari-harinya masih tertutup dan warga pendatang kurang akrab dengan warga asli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesenjangan sosial dan hubungan yang terjalin antara warga pendatang dan warga asli di Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, informan penelitian dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memilah-milah menjadi suatu yang dapat dikelola, menemukan hal yang penting untuk dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesenjangan sosial yang terjadi karena tiga faktor yaitu faktor ekonomi, faktor penguasaan yang meliputi perkebunan, pertanian, perikanan dan faktor pendidikan. Hubungan interaksi antara warga pendatang dengan warga asli dalam masyarakat di Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya terjalin kurang baik sehingga terjadinya kesenjangan. Pada umumnya, warga asli dan warga pendatang menjalin hubungan secara baik-baik saja, namun karena beberapa warga pendatang yang bekerja di kota sehingga interaksi antara warga pendatang dengan warga asli kurang terjalin silaturrahmi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Muhammad Arus Husaini Husaini
Date Deposited: 24 Dec 2021 03:16
Last Modified: 24 Dec 2021 03:16
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item
View Item