Analisis Nilai Moral Tolong Menolong pada Buku Kumpulan Dongeng Binatang Seru dan Mendidik Dari Dini W. Tamam

Fitri, 160210084 (2021) Analisis Nilai Moral Tolong Menolong pada Buku Kumpulan Dongeng Binatang Seru dan Mendidik Dari Dini W. Tamam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Nilai Moral Tolong Menolong pada Buku Kumpulan Dongeng Binatang Seru dan Mendidik Dari Dini W. Tamam]
Preview
Text (Analisis Nilai Moral Tolong Menolong pada Buku Kumpulan Dongeng Binatang Seru dan Mendidik Dari Dini W. Tamam)
Fitri, 160210084, FTK, PIAUD, 082277710478.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan moral suatu pendidikan yang paling penting diterapkan untuk Anak Usia Dini, termasuk nilai moral tolong menolong yang menjadikan individu menyadari perlunya sesama individu yang lain dan menjalin hubungan yang baik terhadap sesama setiap orang membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalani kehidupan. Nilai moral tolong menolong dapat diaplikasikan melalui metode bercerita dengan menggunakan buku dongeng anak. Buku dongeng anak ini disusun dengan menarik dan bahasa yang mudah dipahami, lengkap dengan ilustrasi berwarna yang mengambarkan suasana jalan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai moral tolong menolong, hubungan manusia dengan manusia lain, serta teknik penyampaian nilai moral tolong menolong secara langsung dan tidak langsung. Adapun metodologi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data penelitian merupakan buku dongeng fabel anak yang berjudul "Kumpulan Dongeng Binatang Seru dan Mendidik" berjumlah 10 judul cerita dan data penelitian dikumpulkan melalui teknik telaah dokumen atau biasa disebut studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 12 data, sementara itu dari 12 data 6 data membantu teman dalam kesusahan, 1 data meminjamkan miliknya keteman, dan 5 data berbagi makanan pada temannya. 12 data menunjukkan nilai moral tolong menolong hungan manusia dengan sesama. Adapun teknik penyampaian nilai moral tolong menolong dari 12 data, 4 data berupa kalimat penyampaian nilai moral tolong menolong dengan teknik penyampaian secara langsung, dan 8 data lainnya berupa kalimat dengan teknik penyampaian secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Zikra Hayati, M. Pd Pembimbing II : Munawwarah, M .Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral, Buku Dongeng
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fitri Fitri
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:27
Last Modified: 28 Dec 2021 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item
View Item