Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di MIN 11 Banda Aceh

Ananda Rieska, 170213019 (2021) Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan media gambar berseri untuk   meningkatkan  kemampuan membaca siswa]
Preview
Text (Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa)
Ananda Rieska, 170213019, FTK, BK, 082277251452 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan belajar yang berbeda dengan anak pada umumnya. Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami kesulitan belajar tipe disleksia. Pada umumnya anak disleksia mengalami beberapa kesulitan belajar salah satunya adalah kesulitan membaca seperti yang terjadi di sekolah MIN 11 Banda Aceh masih ada siswa disleksia yang menunjukkan kemampuan membaca rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan media gambar berseri sebagai media membaca anak disleksia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa disleksia kelas II-1 MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One group pre-test-post-test. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPPS for windowas 20.0. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia. Peningkatan kemampuan membaca sebagai reaksi atas membaiknya daya ingat anak disleksia melalui gambar.Temuan lain dalam penelitian ini aktivitas belajar dan motivasi membaca siswa disleksia mengalami peningkatan. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain terdapat perbedaan tingkat kemampuan membaca sebelum dan sesudah penggunaan media gambar berseri siswa disleksia di MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ananda Rieska Nanda
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:04
Last Modified: 29 Dec 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item
View Item