Perancangan Meureudu Islamic Center Di Pidie Jaya (Pendekatan Arsitektur Hijau)

Novia Athika 150701004, 150701004 (2021) Perancangan Meureudu Islamic Center Di Pidie Jaya (Pendekatan Arsitektur Hijau). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perancangan Meureudu Islamic Center Di Pidie Jaya (Pendekatan Arsitektur Hijau)]
Preview
Text (Perancangan Meureudu Islamic Center Di Pidie Jaya (Pendekatan Arsitektur Hijau))
Novia Athika, 150701004, FST, ARS, 082272929278.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pidie Jaya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia dengan ibu kota Meureudu. Kegiatan kebudayaan keagamaan yang rutin dilakukan setiap tahunnya di Kabupaten Pidie Jaya yaitu PKPJ (Pusat Kebudayaan keagamaan Pidie Jaya) bertempat di ruang terbuka. Peringatan keagamaan seperti, Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, MTQ diperingati di halaman Masjid atau Mushalla desa. Moderenisasi yang tidak diimbangi dengan pengembangan keagamaan bagi generasi muda akan menjadi permasalahan yang merusak sistem norma yang berlaku, untuk itu perlu adanya suatu lembaga yang dapat membina dan mengembangkan ajaran keagamaan Islam dan budaya bagi generasi muslim di Kota Meureudu. Dukungan dari tokoh masyarakat dan lembaga dakwah agama sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk membimbing masyarakat agar lebih siap menghadapi dampak arus modernisasi, serta ikut dalam membentuk generasi yang memiliki pengetahuan yang tinggi. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan upaya untuk membangun suatu wadah yang dapat menampung semua kegiatan Islami. Islamic Center adalah wadah dari pusat kegiatan-kegiatan ke-Islaman. Islamic center di Kota Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya diharapkan mampu menjawab semua permasalahan tersebut. Islamic center sebagai suatu wadah yang dikelola oleh lembaga dakwah terpercaya. Tema Arsitektur Hijau menjadi acuan dalam perancangan Islamic Center, dengan pertimbangan menciptakan suatu desain bangunan yang mempunyai kualitas terhadap lingkungan dan terhadap kehidupan manusia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Zulfikar Taqiuddin ., S.Sn., M.T Pembimbing II : Fitriyani Insanuri Qismullah., S.T., M.U.P
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Keaganmaan, Islamic Center, Arsitektur Hijau
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Novia Athika
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:06
Last Modified: 29 Dec 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19169

Actions (login required)

View Item
View Item