Hubungan Antara Kecanduan Internet dengan Perilaku Prokrastinasi Dalam Melaksanakan Ibadah Shalat Lima Waktu Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Seri Azhari, 160901092 (2021) Hubungan Antara Kecanduan Internet dengan Perilaku Prokrastinasi Dalam Melaksanakan Ibadah Shalat Lima Waktu Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Kecanduan Internet dengan Perilaku Prokrastinasi]
Preview
Text (Hubungan Antara Kecanduan Internet dengan Perilaku Prokrastinasi)
Seri Azhari, 160901092, FPSI, PSI, 085260634189.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan mahasiswa yang memiliki permasalahan prokrastinasi dalam melaksanakan ibadah shalat. Sehingga selalu menunda-nunda dalam melaksanakan ibadah wajib shalat lima waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan internet dengan perilaku prokrastinasi dalam melaksanakan ibadah shalat lima waktu pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode korelasi Product Moment. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kecanduan internet dari Young (1999) dan menggunakan skala prokrastinasi dari Milgram (1995). Jumlah sampel sebanyak 348 mahasiswa, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode random sampling dengan teknik sampling area (cluster) sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya koefisien korelasi r=0,571 dengan p=0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecanduan internet dengan prokrastinasi dalam melaksanakan ibadah shalat, artinya semakin tinggi kecanduan internet maka semakin tinggi prokrastinasi dalam melaksanakan ibadah shalat yang dimiliki mahasiswa, sebaliknya semakin rendah kecanduan internet maka semakin rendah prokrastinasi dalam melaksanakan ibadah shalat yang dimiliki mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Seri Azhari Seri
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:13
Last Modified: 30 Dec 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item
View Item