Peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Aceh Dalam Meningkatkan Prestasi Qari Dan Qari’ah (Studi Kasus LPTQ Aceh)

Abdul Rahman, 170403004 (2021) Peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Aceh Dalam Meningkatkan Prestasi Qari Dan Qari’ah (Studi Kasus LPTQ Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Aceh Dalam Meningkatkan Prestasi Qari Dan Qari’ah (Studi Kasus LPTQ Aceh)]
Preview
Text (Peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Aceh Dalam Meningkatkan Prestasi Qari Dan Qari’ah (Studi Kasus LPTQ Aceh))
Abdul Rahman, 170403004, FDK, MD, 082219622114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an atau LPTQ adalah sebuah lembaga yang mempunyai program-program yang berkaitan dengan seni baca, tulis, dan pendalaman makna kandungan isi Al-Qur’an. Salah satu program yang dikeluarkan oleh lembaga ini adalah dengan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an, yang dimulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Walikota, Provinsi, sampai tingkat Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran LPTQ Aceh dalam meningkatkan prestasi Qari dan Qari’ah, (2) Apa saja tantangan LPTQ dalam meningkatkan prestasi Qari dan Qari’ah. Adapun pada Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah (Field Reseach) atau penelitian lapangan dan pada penelitian ini penulis juga menggunakan teori Organisasi sebagai landasan dalam melakukan penelitian ini. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran LPTQ Aceh dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an, serta apa saja hambatan LPTQ Aceh dalam meningkatkan prestasi Qari dan Qari’ah. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran LPTQ Aceh khususnya dalam meningkatkan prestasi bagi Qari dan Qari’ah di Aceh serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami LPTQ Aceh dalam proses peningkatan prestasi bagi Qari dan Qari’ah. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil Analisis data yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa LPTQ Aceh melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi bagi Qari dan Qari’ah. Adapun upaya yang dilakukan oleh LPTQ Aceh ialah dengan melaksanakan MTQ, Mengadakan seleksi dan juga melaksanakan program Training Center bagi peserta yang telah lulus pada tahap seleksi atau para juara pada MTQ Provinsi yang diadakan tiap dua tahun sekali di lokasi daerah yang berbeda dalam Provinsi Aceh yang kompeten dalam bidangnya, (f) Memperhatikan kesejahteraan peserta ketika akan mengikuti MTQ tingkat Nasional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan khususnya di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan LPTQ Aceh terutama dalam meningkatkan prestasinya dibidang Tilawatil Qur’an. Upaya lain yang dilakukan LPTQ Aceh dalam meningkatkan Prestasi dan juga semangat bagi Qari dan Qari’ah khususnya pada saat pelaksanaan Training Center ialah mengundang para pelatih dari luar daerah yaitu para pelatih Nasional yang tentu sudah kompeten di bidangnya seperti Ust. Ahmad Muhajir dewan Hakim Internasional dan juga Ustadzah. Mawaddah Juara Internasional tahun 90 an dari Indonesia dan ada beberapa pelatih lainnya dengan didampingi para pelatih daerah seperti Abi Jailani, Ust. Hamli Yunus dan guru-guru lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Abdul Rahman
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:29
Last Modified: 29 Dec 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19179

Actions (login required)

View Item
View Item