Filosofi Wirid dalam Pandangan Masyarakat di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah

Lisma Sari, 170301001 (2021) Filosofi Wirid dalam Pandangan Masyarakat di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of : Filosofi Wirid dalam Pandangan Masyarakat]
Preview
Text (: Filosofi Wirid dalam Pandangan Masyarakat)
Lisma Sari, 170301001, FUF, AFI, 085273792825.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah mempunyai nilai keagamaan yang sangat kuat dan terikat dari dulu sampai saat ini, terutama mengenai kegiatan wirid yang sudah tertanam pada diri masyarakat. Kegiatan wirid diadakan sebab munculnya beberapa faktor; meliputi rasa yang tidak tenang ketika berada dirumah serta seorang yang merasa ketidak tenangan dalam hati dan jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan filosofi wirid menurut masyarakat di Kecamatan Bukit dan untuk mendeskripsikan bahwa filosofi wirid dapat memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam perkembangan pada saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam bentuk penelitian lapangan (field research).Dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung dengan masyarakat di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Selain itu juga, teknik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi. Data yang telah diteliti akan dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa filosofi wirid menurut masyarakat dapat dilihat secara keagamaan dan sebuah kekhususan dalam memahami wirid. Sehingga menimbulkan pemahaman bahwasannya wirid merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan memperbanyak pengamalan wirid dan mengkaji ilmu agama lainnya, yang bertujuan untuk sampai kepada ridha Allah. Pengaruh wirid membawa masyarakat agar semakin taat dalam beribadah, menjalin silaturrahmi, memperkuat aqidah, memperbanyak amalan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lisma Sari Lisma
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:46
Last Modified: 31 Dec 2021 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19197

Actions (login required)

View Item
View Item