Etika Pengembangan Ilmu Pada Zaman Modern Dalam Perspektif Al-Qur’an

Risnawati Pohan, 170303062 (2022) Etika Pengembangan Ilmu Pada Zaman Modern Dalam Perspektif Al-Qur’an. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Etika Pengembangan Ilmu Pada Zaman Modern Dalam Perspektif Al-Qur’an]
Preview
Text (Etika Pengembangan Ilmu Pada Zaman Modern Dalam Perspektif Al-Qur’an)
Risnawati Pohan, 170303062, FUF, IAT, 082272037160.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Etika Pengembangan Ilmu pada Zaman Modern dalam Perspektif Al-Qur’an. Selama ini konsep etika tentang pengembangan ilmu pengetahuan belum memenuhi syarat secara komprehensif, padahal hubungan etika dengan pengembangan ilmu sangat berkaitan dan dibutuhkan dalam memenuhi hajat manusia. Oleh karena itu manusia berusaha memikirkan implikasi dari konsep-konsep yang telah dibangun dan menerapkannya secara praktis maka jadilah sebuah ilmu. Namun hal ini akan mengakibatkan masalah besar apabila dalam mengggunakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan tanpa didasari dengan etiket yang baik. Etika sendiri merupakan hal yang sangat esensi dalam kehidupan manusia, karena baik-buruknya manusia dapat dilihat dari etika atau tindakannya. Banyak filosof yang mendefinisikan dan merumuskan tentang etika sebagai sikap moral atau tingkah laku untuk mementukan suatu pilihan. Aspek penting yang tidak bisa diabaikan untuk proses ini adalah etika. Etika penting sebagai landasan untuk menciptakan ilmu pengetahuan dan peradaban secara lebih baik. Data dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang disusun sesuai dengan data-data kepustakaan meliputi kitab-kitab tafsir, dan buku-buku. Seorang ilmuwan penting menjadikan etika dalam seluruh aktivitas keilmuwannya sehingga ilmu yang dikembangkannya bermanfaat untuk kemanusiaan. Strategi yang bisa ditempuh untuk pengembangan ilmu pengetahuan adalah membentuk masyarakat yang ilmiah, pengembangannya memperhatikan karakter bangsa, dan memperhatikan relasi antari lmu tanpa mengorbankan otonomi antara masing-masing disiplin ilmu dan memperhatikan dimensi religious bangsa. Tulisan ini diharapkan memberikan kontribusi dalam etika penggembangan pengembangan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Risnawati Pohan
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:43
Last Modified: 03 Jan 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item
View Item