Kontribusi Teknik Reinforcement Positif Guru Bimbingan Konseling terhadap Percaya Diri Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh

Supriati, 160213103 (2021) Kontribusi Teknik Reinforcement Positif Guru Bimbingan Konseling terhadap Percaya Diri Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kontribusi Teknik Reinforcement Positif Guru Bimbingan   Konseling  terhadap Percaya Diri Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh]
Preview
Text (Kontribusi Teknik Reinforcement Positif Guru Bimbingan Konseling terhadap Percaya Diri Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh)
Supriati, 160213103, FTK, BK, 0853622792433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Reinforcement adalah segala bentuk penguatan baik yang bersifat verbal maupun non verbal yang bisa mendorong dan memotivasi untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)mengetahui peran dan upaya guru Bimbingan Konseling untuk meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. 2)untuk mengetahui model penerapan teknik Reinforcement positif dari guru bimbingan konseling untuk meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. 3)mengetahui pelaksanaan teknik Reinforcement positif guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 orang responden, yaitu 2 orang guru Bimbingan Konseling, 4 orang siswa dari kelas VII- VIII yang memiliki ciri-ciri kurang percaya diri dan sudah pernah mendapatkan penguatan sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Peran dan upaya guru BK dalam meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh dilakukan oleh guru Bk sebagai fasilitator, motivator dan pelatih serta menjadi penengah antara permasalahan yang dialami dan siswa. 2)Pelaksanaan teknik Reinforcement Positif guru BK terhadap percaya diri siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh dengan cara memilih dan menetapkan target yang ingin ditingkatkan, mengumpulkan data terdahulu dan menetapkan penguatan yang bermakna. 3)Model-model penerapan teknik Reinforcement positif guru Bimbingan Konseling untuk meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh guru BK memberikan model reward, berupa hadiah-hadiah kecil, makanan ringan dan sentuhan serta motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Masbur, S.Ag M. Ag Pembimbing II : Elviana, S.Ag , M. Si
Uncontrolled Keywords: Teknik Reinforcement positif, peran dan upaya guru Bimbingan Konseling, percaya diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Supriati Supriati
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:59
Last Modified: 03 Jan 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19217

Actions (login required)

View Item
View Item