Manajemen HUMAS dalam Menjalin Sinergitas Pendidikan di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar

Nurul Hikmatia, 170206082 (2021) Manajemen HUMAS dalam Menjalin Sinergitas Pendidikan di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen HUMAS]
Preview
Text (Manajemen HUMAS)
Nurul Hikmatia, 170206082, FTK, MPI, 082299069051_051939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen HUMAS merupakan suatu bentuk komunikasi berencana melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dapat mengatur dan memengaruhi publik secara keseluruhan untuk mencakup segala aspek lingkup pendidikan untuk menjalin sinergitas pendidikan sebagai penyampaian informasi dengan menjalin hubungan baik dan hubungan kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan HUMAS, pelaksanaan HUMAS, kendala dan upaya HUMAS dalam menjalin sinergitas pendidikan di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dayah, waka HUMAS dan guru. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Perencanaan HUMAS dalam menjalin sinergitas pendidikan dilakukan secara terbuka dengan menggunakan strategi saling berkomunikasi, saling berhubungan timbal balik dengan publik untuk mendukung perencanaan HUMAS, dengan memberi saran serta masukan untuk kebijakan-kebijakan yang akan direncanakan, melakukan penentuan tujuan, program, serta penetapan alokasi sumber dengan kerjasama dengan publik, 2) Pelaksanaan HUMAS dalam menjalin sinergitas pendidikan sudah berhasil dilakukan dengan membangun komunikasi, selalu ada hubungan timbal balik terhadap sesama publik, selalu berinteraksi secara dua arah dengan saling memberi informasi, keterlibatan publik dalam pelaksanaan HUMAS menjadi sebuah kekuatan terhadap pekembangan HUMAS untuk menjadi lebih optimal, 3) Kendala dan upaya HUMAS dalam menjalin sinergitas pendidikan HUMAS dengan publik adalah belum adanya tenaga profesional HUMAS dan kurangnya partisipasi publik terhadap HUMAS dikarenakan memiliki kesibukannya masing-masing dan belum adanya kantor yang representative, pengabilan keputusan terhadap kendalanya, baik dengan menegur, memberi arahan, dan memberi solusi-solusi terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Hikmatia
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:12
Last Modified: 03 Jan 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item
View Item