Pengembangan LKPD pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Kluet Timur

Ridwan, 140208168 (2020) Pengembangan LKPD pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Kluet Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan LKPD]
Preview
Text (Pengembangan LKPD)
Ridwan, 140208168, FTK, PKM, 085260070894.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, permasalahan yang ada di SMA Negeri 1 Kluet Timur bahwa LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran selama ini hanya LKPD biasa yang dibuat sendiri oleh guru dan penyajiannya kurang menarik karena hanya berisikan teori dan soal latihan saja. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mendesain media pembelajaran berupa LKPD pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang didesain berdasarkan berdasarkan kebutuhan peserta didik, dirancang secara menarik dengan memasukkan unsur gambar dan animasi, dilengkapi dengan KD beserta indikator, dan di dalamnya juga mengandung kegiatan praktikum yang disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kevalidan LKPD pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Kluet Timur, dan (2) Untuk mengetahui respon peserta didik di SMA Negeri 1 Kluet Timur terhadap pengembangan LKPD pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Rancangan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan validasi dan angket. Data validasi dan angket dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil persentase untuk aspek materi yang diperoleh yaitu 84%, aspek bahasa sebesar 96%, sedangkan aspek media sebesar 88%, sehingga persentase rata-rata hasil validasi dari ketiga aspek yang diperoleh rata-rata LKPD yaitu sebesar 89,33% dengan kriteria sangat valid. Dan hasil respon peserta didik di peroleh yaitu 37,1% kriteria sangat setuju (SS), 52,8% kriteria setuju (S), dan 10,1% kriteria kurang setuju (KS).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari pengembangan LKPD pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 1 Kluet Timur dapat disimpulkan bahwaLKPD yang dikembangkan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sangat valid dan layak digunakan di SMA Negeri 1 Kluet Timur dengan persentase rata-ratanilai yang diperoleh dari validator sebesar 89,33%, dan Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sangat menarik, dengan persentase tanggapan yang diperoleh yaitu sebesar 89,9%dari 26 orang peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:19
Last Modified: 03 Jan 2022 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19223

Actions (login required)

View Item
View Item