Implementasi Nilai-nilai Islami dalam Pengelolaan Kelas di MIN 6 Model Banda Aceh

Rauzatul Jannah, 170206013 (2021) Implementasi Nilai-nilai Islami dalam Pengelolaan Kelas di MIN 6 Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Nilai-nilai Islami dalam Pengelolaan Kelas]
Preview
Text (Implementasi Nilai-nilai Islami dalam Pengelolaan Kelas)
Rauzatul Jannah, 170206013, FTK, MPI, 082369311917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai Islami adalah seperangkat nilai dan norma yang bersumber pada Al- quran dan sunnah yang menjadi pola tingkah laku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui strategi implementasi nilai-nilai Islami dalam pengelolaan kelas di MIN 6 Model Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islami dalam pengelolaan kelas di MIN 6 Model Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui hambatan implementasi nilai- nilai Islami dalam pengelolaan kelas di MIN 6 Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang wali kelas di kelas III, yaitu wali kelas III Utsman bin Affan 1 dan wali kelas III Utsman bin Affan 3, guru bidang studi dan kepala Madrasah di MIN 6
Model Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Strategi yang digunakan wali kelas dan guru bidang studi dalam menerapkan nilai-nilai Islami di kelas adalah dengan strategi pemberian hadiah dan hukuman, pembiasaan dan keteladanan, pemberian nasehat atau ceramah, perumpamaan- perumpamaan Islami, dan melalui kisah-kisah Islami yang dapat diambil pelajaran atau hikmahnya. Kepala madrasah juga menerapkan strategi pembiasaan nilai Islami melalui kegiatan-kegiatan Islami di madrasah. 2) Penerapan nilai-nilai Islami di MIN 6 Model Banda Aceh sudah berjalan dengan baik dari segi nilai aqidah, ibadah dan akhlak. 3) Hambatan penerapan nilai-nilai Islami dalam pengelolaan kelas adalah perbedaan latar belakang peserta didik, tingkat kepedulian orang tua yang kurang, dan pengaruh teman yang hiperaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:18
Last Modified: 06 Jan 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item
View Item