Pengobatan Tradisional Tabib Abu Bukhari di Gampong Ateuk Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar

Aula Rahmina, 170501035 (2021) Pengobatan Tradisional Tabib Abu Bukhari di Gampong Ateuk Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengobatan Tradisional Tabib Abu Bukhari di Gampong Ateuk Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar]
Preview
Text (Pengobatan Tradisional Tabib Abu Bukhari di Gampong Ateuk Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar)
Aula Rahmina, 170501035, FAH, SKI, 081264202034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengobatan Tradisional Tabib Abu Bukhari di Gampong Ateuk Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar”. Pengobatan tradisional adalah salah satu pengobatan tanpa campur tangan tenaga medis, pengobatan tradisional dilakukan sebagai upaya peningkatan kesehatan, dan pemulihan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis penyakit dan metode pengobatan Tabib Abu Bukhari dan bagaimana pandangan masyarakat umum, pasien sekitar dan pasien luar terhadap pengobatan Tabib Abu Bukhari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang didapat di lapangan dianalisa dengan cara direduksi dan menyajikan data dalam bentuk narasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Tabib Abu Bukhari dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti patah tulang, teumamong (kerasukan), Peukenong (guna-guna), I pret le jen (terkena semburan makhluk halus) dan lain-lain. Metode yang digunakan berbeda dengan tabib lain, dia menggunakan metode salawat, berzikir dan beristigfar memohon kesembuhan kepada Allah dan bahan yang digunakan bersifat alami yang berasal dari alam seperti krueng ubat (sungai obat) dan tanoh itam (tanah hitam). Di dalam krueng ubat dan tanoh itam tersebut memiliki kandungan obat yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasien yang berobat di Tabib Abu Bukhari tidak hanya masyarakat sekitar saja ada juga masyarakat dari luar daerah yang berobat di tempatnya. Pandangan mereka terhadap pengobatan Tabib Abu Bukhari adalah mereka percaya bahwa Abu Bukhari memiliki kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT untuk membantu menyembuhkan orang yang sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengobatan Tradisional, Tabib, Pasien
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Aula Rahmina
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:59
Last Modified: 07 Jan 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item
View Item